Sebut Sebagai Pertahanan Diri, AS Nyatakan Dukung Serangan Israel ke Gaza

Sebut Sebagai Pertahanan Diri, AS Nyatakan Dukung Serangan Israel ke Gaza Kredit Foto: Reuters/Murad Sezer

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin menegaskan kembali "dukungan kuat" AS untuk hak Israel untuk mempertahankan diri. Penegasan ini disampaikan di tengah serangan sporadis Israel terhadap Gaza.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan bahwa penegasan dukungan itu disampaikan Austin saat melakukan komunikasi dengan para pejabat Israel. Baca juga: Ramalan Khamenei: Israel Lenyap dalam 19 Tahun, Kissinger: Hilang Tahun Depan

Baca Juga: Reaksi Joe Biden Usai Telepon Netanyahu Tanggapi Serangan Roket Hamas ke Israel

"Austin menyampaikan dukungan kuat untuk hak sah Israel untuk membela diri dan rakyatnya, dan dia dengan keras mengutuk peluncuran roket oleh Hamas dan kelompok (teroris) lainnya," ucap Kirby.

"(Austin) menegaskan kembali pentingnya semua pihak yang terlibat mengambil langkah untuk memulihkan ketenangan," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (13/5/2021).

Sebelumnya diwartakan, Pasukan PertahananIsrael(IDF) mengaku telah membombardir Jalur Gaza, secara besar-besaran dengan 80 jet tempur termasuk jet tempur siluman F-35. Misinya untuk menghancurkan situs-situs peluncuran roket kelompok Hamas.

Serangan udara besar-besaran ini diluncurkan setelah ratusan rudal dan roket ditembakkan dari Gaza ke kota-kota Israel sejak Senin hingga Selasa kemarin. 

Juru bicara IDF, Hidai Zilberman mengatakan, militer Israel bertujuan untuk menghancurkan puluhan tabung peluncuran roket yang telah terkubur oleh kelompok Hamas dan kelompok militan lainnya di sekitar Jalur Gaza utara.

Dia mengatakan serangan udara besar-besaran akan "benar-benar menetralkan" kemampuan peluncuran roket dari tiga brigade Hamas di Gaza utara.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini