Ssst...! Begini Caranya Agar Tidak Stres Kelola Keuangan Pribadi

Ssst...! Begini Caranya Agar Tidak Stres Kelola Keuangan Pribadi Kredit Foto: Republika

Fidelity melakukan survei dan menemukan bahwa 70 persen wanita stres tentang tabungan dan investasi jangka panjang mereka. Hal ini sebagian besar akibat keberadaan pandemi covid-19. Fidelity mensurvei 1.902 orang dewasa Amerika Serikat, termasuk 951 wanita, untuk mengeksplorasi dampak finansial yang ditimbulkan pandemi Covid-19 terhadap wanita.

Secara keseluruhan, 60 persen responden wanita mengatakan mereka jauh lebih stres selama pandemi, dengan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stresnya. Adapun faktor-faktor ini termasuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak mereka, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang.

Selain itu, survei menemukan bahwa hampir 40 persen wanita mempertimbangkan untuk mengurangi jam kerja mereka atau meninggalkan angkatan kerja karena tanggung jawab pengasuhan mereka yang meningkat. Meski begitu, banyak wanita telah mengambil langkah untuk mengendalikan keuangan mereka.

Kepala Wanita dan Keterlibatan Pelanggan Fidelity Investments Lorna Kapusta mengatakan Fidelity mengalami peningkatan 41 persen pada wanita yang mencari layanan Fidelity sendiri, bukan melalui perusahaannya, dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Yuk Cerdas Kelola Keuangan Sebelum jadi Menteri Keuangan Rumah Tangga

Fidelity Investments Inc., atau yang biasanya disebut sebagai Fidelity, sebelumnya bernama Fidelity Management & Research atau FMR, adalah perusahaan jasa keuangan multinasional Amerika yang berbasis di Boston, Massachusetts. Untuk membantu klien mengelola keuangan mereka dan mengurangi stres terkait uang mereka, Fidelity merekomendasikan untuk mengambil tiga langkah kunci berikut ini.

Kumpulkan Tabungan Dana Darurat

Jika ada satu hal yang dapat dipelajari dari pandemi adalah betapa pentingnya memiliki cadangan uang darurat yang tersedia. Mulailah dengan mengumpulkan tabungan darurat yang cukup untuk menutupi pengeluaran selama tiga hingga enam bulan, kata

Memiliki dana yang mudah diakses menjadi penting untuk melindungi Anda jika terjadi kehilangan pekerjaan atau keadaan darurat yang tidak terduga, tambahnya. Beberapa wanita memilih menyisihkan biaya hingga satu tahun karena itu membuat mereka merasa lebih nyaman, kata Kapusta. Pastikan rencana Anda bekerja paling baik untuk Anda dan tujuan Anda.

Menabung lebih dari 10 persen dari gaji untuk masa pensiun

Tidak pernah terlalu dini untuk merencanakan masa pensiun. Berkontribusi pada rencana pensiun, seperti 401(K) di AS, yang disponsori pemberi kerja memungkinkan Anda menyisihkan sebagian dari gaji Anda sekarang dan menunda pembayaran pajak atas tabungan tersebut sampai Anda menariknya selama masa pensiun.

Kemungkinan juga perusahaan Anda akan menawarkan kecocokan dengan persentase tertentu dari kontribusi Anda, yang pada dasarnya adalah uang gratis. Jika Anda tidak dapat langsung menabung 15 persen yang disarankan dari gaji Anda, mulailah dengan apa yang dapat Anda sisihkan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini