Biar Enggak Bikin Ribet, Perhatikan Ini Sebelum Implementasi Smart Home

Biar Enggak Bikin Ribet, Perhatikan Ini Sebelum Implementasi Smart Home Kredit Foto: TP-Link

Membangun rumah pintar (smart home) menjadi impian banyak orang saat ini. Tapi dengan menggunakan beragam perangkat pintar dari berbagai brand ternyata bisa bikin ribetnya karena aplikasi yang digunakan akan berbeda beda. Bagaimana menyiasatinya?

“Sebut saja bagaimana Anda mulai berpikir untuk memasang IP Cam atau Smart Cam (kamera pintar) dari brand A kemudian memasang lagi Smart Bulb (bola lampu pintar) dari brand B, kemudian menambah pemakaian perangkat Smart Plug (colokan pintar) dari brand C, tentu memusingkan untuk memantau dan mengontrolnya,” ujar Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia.

Karena itu, lanjutnya, untuk memudahkan semua penghuni rumah ataupun kantor disarankan untuk menggunakan perangkat pintar dengan brand yang sama sehingga dapat dikontrol melalui 1 aplikasi yang sama.

“Kalau menggunakan satu aplikasi itu akan jauh lebih mudah dan lebih efisien, karena satu aplikasi bisa memantau dan mengontrol berbagai macam perangkat pintar di rumah,” tambah Yoshia.

Lanjutnya, seperti Tapo App, yang berfungsi seperti remote control yang mengendalikan berbagai macam perangkat pintar dari Tapo seperti IP camera, smart plug dan smart bulb yang cukup untuk membangun ekosistem smart home. Aplikasi ini bisa di download secara gratis di Playstore dan App Store.

Tapo adalah sub-brand dari TP-Link yang khusus menawarkan berbagai perangkat smart home. Adapun perangkat Tapo yang sedang banyak diminati adalah: Tapo P100 Smart Plug, steker pintar yang dapat mengubah perangkat elektronik biasa menjadi perangkat pintar. Pengguna cukup menghubungkan perangkat elektronik yang ada di rumah seperti TV, teko listrik atau setrika listrik ke Tapo P100 Smart Plug.

Tapo C200 dan Tapo C100 IP Camera, IP Cam dengan  keunggulan HD Video: 1080p, dapat menangkap gambar yang jernih dalam keadaan gelap hingga jarak 30ft dan fìtur Motion Detection and Notification

Tapo L510E Smart Bulb dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb yang dapat diadjust sesuai dengan mood yang diinginkan, memiliki fitur Schedule & Timer, menyala dan mati secara otomatis sesuai dengan Time Zone pengguna, kompatibel dengan perintah suara Amazon Alexadan Google Assistant. Memiliki Away Mode yang mensimulasikan seolah-olah rumah tidak kosong untuk menghindari kerjadian yang tidak diinginkan.

Semua perangkat ini terhubung dengan satu app, yaitu Tapo App yang berperan sebagai remote control, sehingga dapat dikontrol dari mana saja dan kapan saja. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini