Pemudik Arus Balik Siap-Siap... Masuk Jakarta Diperketat, Pos Penyekatan Siapkan 31.000 Tes Antigen

Pemudik Arus Balik Siap-Siap... Masuk Jakarta Diperketat, Pos Penyekatan Siapkan 31.000 Tes Antigen Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Tim gabungan yang terdiri dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya serta Kodam Jaya menyiapkan 31.000 tes usap antigen di pos penyekatan arus balik untuk warga Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), yang baru tiba dari luar kota usai libur Lebaran 2021.

"Selama tujuh hari kita membutuhkan sekitar 31.000 tes usap antigen," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran di Jakarta, Minggu (16/5).

Baca Juga: 270 Pemudik Jalani Rapid Rest, Ada 4 Reaktif Covid

Fadil mengaku, pihaknya kekurangan persediaan antigen Covid-19 di pos penyekatan arus balik, namun telah dipenuhi oleh Pemprov DKI Jakarta sebanyak 17.000 antigen.

“Tim terpadu akan melakukan tes antigen secara acak terhadap warga yang masuk wilayah Jabodetabek usai pulang mudik ke kampung halaman,” ujar Fadli seperti dikutip Antara.

Fadil mengingatkan, kembali kepada warga yang masuk wilayah Jabodetabek agar melengkapi surat bebas Covid-19 dan hasil tes antigen atau tes usap PCR yang menunjukkan hasil negatif.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas akan memeriksa kelengkapan surat bebas Covid-19 dan hasil antigen terhadap masyarakat yang memasuki Jakarta secara acak atau random.

Apabila ada kendaraan yang tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19, maka petugas akan mengarahkan kendaraan tersebut ke posko yang telah disediakan untuk menjalani tes usap antigen.

"Kalau ada yang reaktif, kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilanjutkan dengan PCR dan selama menunggu hasil PCR maka dia akan menjalani isolasi," ujar Sambodo.

Adapun lokasi pos pemeriksaan surat bebas Covid-19, yakni Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta, Terminal Kalideres, Terminal Pulogebang, Kebon Nanas, Kota Tangerang, Jatiuwung, Kota Tangerang, Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang, Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi, Pos Tomyang, Kota Bekasi, Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok, Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap dan Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini