Dikritik Keras Konsumen, Kekayaan Dua Miliarder China Ini Anjlok Dalam-dalam!

Dikritik Keras Konsumen, Kekayaan Dua Miliarder China Ini Anjlok Dalam-dalam! Kredit Foto: Twitter/africachinapre2

Dua taipan teknologi terkaya di China mengalami penurunan kekayaan minggu ini setelah sekelompok konsumen mengkritik beberapa praktik bisnis mereka.

Saham Pinduoduo turun 9,1% karena berita tersebut, menghapus sekitar USD4,3 miliar (Rp61 triliun) dari kekayaan bersih Colin Huang Zheng. Pendiri e-commerce ini sekarang memiliki kekayaan USD42,9 miliar (Rp612 triliun), menurut Forbes Real-Time Billionaire List, menjadikannya orang terkaya keempat di China.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Yu Renrong, Miliarder China yang Misterius tapi Hartanya Rp189 T

Lalu, dilansir dari Forbes di Jakarta, Senin (17/5/21) pendiri Meituan, Wang Xing, melihat kekayaannya turun USD2,5 miliar (Rp35 triliun) karena investor kembali menjual saham perusahaan pengiriman makanannya. Saham Meituan turun 5,3% lagi pada hari Selasa, menyusul penurunan 7,1% sehari sebelumnya. Kekayaan bersih Wang saat ini mencapai USD19,5 miliar (Rp278 triliun).

Sehari sebelumnya, Dewan Konsumen Shanghai mengatakan bahwa mereka telah memanggil Pinduoduo dan Meituan untuk rapat. Kelompok advokasi konsumen tersebut menegur Pinduoduo karena kualitas produknya yang buruk, produk palsu dan layanan purna jual. Ia juga mengutuk Meituan karena masalah pengembalian dana, kegagalan pengiriman makanan, dan konten yang menyesatkan di platformnya.

Pernyataan dewan tersebut muncul di tengah tindakan keras pemerintah China yang sedang berlangsung terhadap perusahaan teknologi terbesar di negara itu.

Minggu lalu, Wang menerbitkan dan kemudian menghapus postingan di situs media sosial Fanfou yang oleh beberapa orang dianggap sebagai kritik halus terhadap pemerintahan China dalam bentuk puisi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini