Menyelami Sistem Kerja Iron Dome Kebanggaan Israel yang Sudah Bobol oleh Roket Hamas

Menyelami Sistem Kerja Iron Dome Kebanggaan Israel yang Sudah Bobol oleh Roket Hamas Kredit Foto: Getty Image/AFP

Iron Dome selalu menjadi pusat perhatian dunia setiap konflik Israel-Palestina muncul.

Iron Dome atau Kubah Besi Israel ini merupakan sistem pertahanan anti-rudal/roket yang dibangun Israel dengan biaya sangat mahal sampai Israel harus berutang.

Baca Juga: Ketika Iron Dome Israel yang Bobol Akibat Roket-roket Palestina

Tapi jangan bayangkan Iron Dome benar-benar kubah yang melindungi Israel dari serangan Palestina dan Lebanon seperti di film-film Hollywood.

Tak ada kubah kasat mata yang menutup wilayah Israel kecuali mesin anti-rudal yang bergerak dinamis.

Pada konflik sekarang, dari seribuan roket yang ditembakkan Hamas ke Israel, beberapa yang mendarat, sisanya hancur oleh Kubah Besi. Bagaimana cara kerjanya?

Sejak kekerasan antara Israel dan Palestina kembali memuncak, langit malam di seputaran Gaza dan Tel Aviv makin sering merona merah oleh roket-roket yang berterbangan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini