Pasca-Libur Lebaran, Labor Institute Indonesia Ingatkan Buruh dan Pekerja Wajib Ikut Rapid Antigen

Pasca-Libur Lebaran, Labor Institute Indonesia Ingatkan Buruh dan Pekerja Wajib Ikut Rapid Antigen Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Labor Institute Indonesia atau Institute Kebijakan Alternatif Ketenagakerjaan Indonesia berpendapat bahwa para pekerja atau buruh yang melakukan mudik perlu menjalani Rapid Antigen.

Hal ini bertujuan guna mencegah penyebaran Covid 19 dan terbentuknya klaster pabrik di tempat kerja sebagai dampak mudik Idul Fitri 1442.

Baca Juga: Erick Thohir Pecat Semua Direksi KFD Kasus Antigen Bekas, Nasib Saham Kimia Farma....

"Kami di Labor Institute memprediksi ribuan buruh lolos mudik dengan menggunakan sepeda motor dengan tujuan beberapa kota di Pulau Jawa, apalagi sebagian besar para buruh tersebut belum mendapatkan Vaksin Covid 19," ungkap Andy William Sinaga, Sekretaris Eksekutif Labor Institute Indonesia dalam keteran tertulis pada Selasa 18/5/2021.

Labor Institute Indonesia memprediksi akan terbentuk klaster pabrik di kawasan industri di Jakarta, Bekasi, Subang, Karawang dan Tangerang apabila Rapid Test antigen tidak dilakukan sebelum para buruh tersebut melakukan aktivitas bekerja.

Pelaksanaan Rapid Antigen tersebut perlu difasilitasi oleh para pengusaha untuk memastikan kesahihan kondisi kesehatan para pekerja/buruh tersebut sebelum melakukan proses produksi.

Baca Juga: 6 Fakta Penting Vaksin Gotong-Royong | Infografis

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini