Lepas Gelar Universitas, Kampus Elite Jack Ma Ternyata Tak Pernah Terdaftar di Kemendikbud China!

Lepas Gelar Universitas, Kampus Elite Jack Ma Ternyata Tak Pernah Terdaftar di Kemendikbud China! Kredit Foto: TechCrunch

Sekolah bisnis elit yang dibuat Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce China Alibaba Group Holding, diam-diam telah menghapus semua referensi online ke "universitas". Bahkan, akun resmi Weibo Universitas Hupan, yang menangguhkan perekrutan mahasiswa baru, berganti nama menjadi Pusat Penelitian Kewirausahaan Hupan.

Situs resmi Hupan juga diperbarui dengan nama baru, sedangkan akun resminya di WeChat diubah dari Universitas Hupan menjadi Hupan pada hari Senin.

Baca Juga: Gak Ngaruh Dikekang China, Raksasa Fintech Jack Ma Tetap Cuan Rp48 Triliun!

Dilansir dari South China Morning Post di Jakarta, Selasa (18/5/21) di tambah lagi, sebuah video di mana seorang pekerja yang menghapus karakter Mandarin untuk "universitas" di atas batu di kampus Hupan menjadi viral di platform media sosial China. Hupan berarti Lakeside (tepi danau) dalam bahasa China, mengacu pada lokasinya di dekat Danau Barat di ibu kota provinsi Zhejiang, Hangzhou, tempat markas Alibaba.

Universitas Hupan didirikan pada Januari 2015 sebagai lembaga bimbingan belajar pribadi bagi para pemimpin bisnis top China. Sembilan anggota pendirinya termasuk ketua Lenovo Liu Chuanzhi, ketua Fosun Guo Guangchang, dan Shi Yuzhu dari Giant Interactive.

Anggota dari akademisi termasuk Qian Yingyi, mantan dekan sekolah manajemen di Universitas Tsinghua dan Cai Hongbin, mantan dekan sekolah Guanghua di Universitas Peking. Dan Jack Ma, salah satu dari sembilan pendiri adalah presiden sekolah.

Meskipun Hupan tidak pernah dilisensikan secara resmi sebagai sekolah oleh Kementerian Pendidikan China, pengaruh Ma dan rekan-rekannya menjadikannya magnet bagi calon pemimpin bisnis di negara tersebut.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini