Bitcoin Turun Karena Elon Musk, Altcoin Naik Perlahan

Bitcoin Turun Karena Elon Musk, Altcoin Naik Perlahan Kredit Foto: Unsplash/Aleksi Raisa

Sementara Bitcoin jatuh karena respon terhadap akun Twitter Elon Musk lagi, dominasi altcoin telah melonjak ke level tertinggi dalam kira-kira tiga tahun.

Pada tulisan ini, Bitcoin (BTC) mewakili 40,3% dari kapitalisasi aset kripto gabungan terendah sejak Juni 2018, menurut CoinMarketCap dikutip dari Cointelegraph, Selasa (18/5/2021).

Baca Juga: Elon Musk Si Pemain Harga Bitcoin Cs: Habis Dijatuhkan, Dibawa Terbang Lagi!

Bitcoin mencapai dominasi pasar terendah 33% pada Januari 2018 ketika mendingin dari puncak sebelumnya, sementara altcoin baru saja mencapai puncaknya. Saat ini tidak jauh dari level terendah kedua 36% dari tiga tahun lalu pada Mei 2018.

Kapitalisasi gabungan altcoin saat ini berada di $ 1,25 triliun (sekitar Rp 17.853 triliun) setelah menetapkan nilai tertinggi sepanjang masa hampir $ 1,5 triliun (sekitar (sekitar Rp 21.423 triliun) minggu lalu.

Ether (ETH) baru-baru ini mengalami lonjakan dominasinya, dengan kapitalisasi Ether merayap hingga sekitar setengah dari Bitcoin untuk mewakili dominasi pasar crypto lebih dari 19%. Ether juga mewakili 32% dari kapitalisasi pasar altcoin gabungan.

Binance Coin (BNB) menempati peringkat ketiga, mewakili 4% dari total kapitalisasi kripto, diikuti oleh Cardano (ADA) dengan 3,3% dan Dogecoin (DOGE) dengan 3%. Sebaliknya, Binance Coin memiliki dominasi 6,7% atas pasar altcoin, dengan dominasi Cardano sebesar 5,5% dan Dogecoin mewakili 5%.

Elon Musk mungkin telah memperdalam hilangnya dominasi Bitcoin dengan mengisyaratkan bahwa Tesla mungkin melepas kepemilikan BTC-nya dalam sebuah tweet pada hari Senin, memicu penurunan 15% selama 18 jam.

Sementara Bitcoin sekarang turun 35% dari level tertinggi sepanjang masa 14 April, beberapa altcoin telah melihat kemunduran yang lebih lemah, dengan Ether saat ini turun 24% dari puncaknya pada hari Rabu di $ 4.350.

Beberapa pasar rally meskipun ada meta-trend bearish, dengan Cardano naik ke level tertinggi sepanjang masa di $ 2,45 pada hari Minggu.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini