Bos Twitter Klaim Bitcoin Pakai Energi Terbarukan, Kritikus Justru Bilang...

Bos Twitter Klaim Bitcoin Pakai Energi Terbarukan, Kritikus Justru Bilang... Kredit Foto: Joshua Roberts/Reuters

Beberapa waktu lalu, bos Twitter, Jack Dorsey membuat tweet yang mengatakan bahwa bitcoin memberi kekuatan pada energi terbarukan. Padahal, kritikus cryptocurrency telah mengecam bitcoin karena menggunakan terlalu banyak listrik.

Meski demikian, Jack Dorsey tetap memperkuat pernyataannya. Ia membagikan buku white paper yang menyatakan bahwa, "Penambangan Bitcoin menghadirkan peluang untuk mempercepat transisi energi global ke energi terbarukan," dan "dapat mendorong investasi dalam sistem tata surya."

Bos Tesla Elon Musk yang telah membeli bitcoin senilai USD1,5 miliar setuju akan hal itu. Namun, kini bertolak belakang atas pernyataannya yang berhenti mengizinkan pembelian Tesla dengan bitcoin dan membuat harga cryptocurrency anjlok hingga turun 50 persen dari puncaknya. 

Baca Juga: Gila! The Power of Elon Musk: Dogecoin Dipompom Lagi, Harganya Langsung Meroket Tinggi!

Dilansir dari New York Magazine di Jakarta, Jumat (21/5/21) Musk menambahkan bahwa dia dan Tesla prihatin tentang peningkatan pesat penggunaan bahan bakar fosil untuk penambangan dan transaksi Bitcoin, terutama batu bara.

"Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak dapat merugikan lingkungan." tambah Musk.

Tidak jelas persis kapan atau mengapa dia berubah pikiran dalam tiga minggu sejak tweet Dorsey, tetapi kegagalannya menempatkan diri di kedua sisi perdebatan mungkin paling kontroversial di ruang aset digital saat ini. Jadi perdebatan yang diwujudkan oleh dua tweet Musk sangat penting: Apakah bitcoin, proyek crypto terbesar dan paling berharga di dunia, merupakan anugerah atau ancaman bagi kesehatan planet ini?

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini