Hayo Sadar Diri Ya! Buat yang Mudik Wajib Karantina Mandiri

Hayo Sadar Diri Ya! Buat yang Mudik Wajib Karantina Mandiri Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Karantina mandiri menjadi tanggung jawab pelaku perjalanan. Kewajiban ini berlaku bagi siapa pun yang melakukan perjalanan antarbatas daerah selama masa larangan mudik 2021 berlangsung.

Indonesiabaik.id mengunggah meme yang mengungkap cara karantina mandiri setelah mudik. Yaitu, isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Jika mengalami gejala Covid-19, segera ke fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga: Tracing Pemudik Nakal, Putus Lonjakan Covid-19

Masa isolasi dapat dipersingkat dengan melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) pada hari ke 5. Jika negatif dan tidak ada gejala, masa isolasi dapat diakhiri pada hari ke 7.

“Hayoo, siapa di sini yang sempat mudik saat libur Lebaran? Jangan lupa karantina mandiri ya!,” tulis indonesiabaik.id.

CISDI_ID berharap warga yang mudik mengikuti kewajiban karantina mandiri sebelum beraktivitas normal. “Mari sadar diri, jangan sampai kamu jadi sumber klaster-klaster berikutnya,” ujarnya, mengingatkan.

“Bergotong royong yuk. Salah satunya dengan melakukan karantina mandiri bagi yang melakukan perjalanan selepas mudik Lebaran tahun 2021,” ajak PramuditaKhaira.

“Belajar pikirkan orang lain. Jangan sampai jadi penyebar virus,” tambah TetepFrontal.

Lelakimusaja mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) harus segera melakukan pengecekan ke rumah warga yang kedapatan mudik. Supaya pengawasan karantina mandiri bisa efektif.

“Pasang stiker ke rumah-rumah warga yang mudik. Minta tes antigen/body,” tuturnya.

Menurut ninoprabangkara, potensi ter­jadinya kenaikan kasus setelah libur Lebaran sangat memungkinkan. Dia mengingatkan pa­ra pemudik yang akan kembali melakukan tes dan karantina mandiri. “Keep safe and sound,” kata ninoprabangkara.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini