Alasan di Balik Hamas dan Rakyat Gaza Wajib Berterima Kasih pada Iran

Alasan di Balik Hamas dan Rakyat Gaza Wajib Berterima Kasih pada Iran Kredit Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

Gaza merasa berutang budi pada Iran. Bukan saja Hamas dan Jihad Islam, melainkan juga warganya.

Ini soal bantuan mereka dalam menghadapi serangan Israel pada 14 November 2012. Serangan berlangsung selama delapan hari. Lalu, tercapai gencatan senjata. Jasa Iran tak sekadar memberi uang. Senjata mereka pasok pula.

Baca Juga: Tampilan Peta Gaza Lebih Parah daripada Peta Korea Utara, Google Mengaku....

Karena itu, roket dari Gaza untuk pertama kalinya menjangkau Tel Aviv dan Yerusalem. Ungkapan terima kasih publik Gaza, dituangkan dalam bentuk bilboard, pada Selasa (27/11/2012). ‘’Terima kasih Iran.’’

Kalimat itu tercetak pada bilboard besar di tiga pertigaan jalan besar di Gaza. Empat bahasa digunakan sekaligus dalam ucapan itu. Bahasa itu adalah Arab, Inggris, Persia, dan Ibrani.

Penyampaian pengakuan dan terima kasih publik yang dibuat sedemikian rupa itu, pertama kalinya terjadi di Gaza. Kalimat ucapan tak dominan. Ada gambar Roket Al-Fajr-5 serta bendera kedua negara, Palestina dan Iran.

Bilboard tak dibubuhi tanda tangan. Namun, Khader Habib, pejabat senior Jihad Islam mengatakan, sangat alamiah menunjukkan rasa terima kasih pada Iran.

Sebab, mereka berperan besar dalam pertempuran melawan Israel. ’’Roket Iran menghantam Tel Aviv dan mencapai Yerusalem. Ini tugas kami berterima kasih karena mereka membantu rakyat kami,’’ kata Habib.

Dia menuturkan, Gaza mempunyai hubungan istimewa dan baik dengan Iran. Hubungan semacam ini kelak berlanjut selama Iran mendukung rakyat Palestina.

Pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, mengakui bantuan senjata dan dana bagi pejuang Gaza. Ia menegaskan hal ini tak lama setelah gencatan senjata dengan Israel disepakati pada Rabu lalu. Selama delapan hari pertempuran, juru bicara parlemen Iran, Ali Larijani, mengatakan Iran merasa terhormat menyediakan bantuan militer ke Gaza.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini