Mengenal Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, Miliarder Kripto Termuda yang Baru Berusia 27 Tahun

Mengenal Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, Miliarder Kripto Termuda yang Baru Berusia 27 Tahun Kredit Foto: BLOOMBERG FINANCE LP

Pendiri Ethereum, Vitaly 'Vitalik' Buterin menjadi miliarder kripto termuda dunia versi Forbes. Vitalik lahir pada tahun 1994 di kota kecil yang indah di Kolomna, 100 km dari Moskow, dan pindah bersama orang tuanya ke Kanada pada usia enam tahun.

Sebagai seorang anak, orang tuanya mendorongnya untuk belajar piano dan mengajaknya bermain ski, tetapi kegiatan seperti itu bukanlah hal yang disukainya. Hati Buterin terletak pada pemrograman dan, sejak usia sepuluh tahun, dia mulai menulis mini-game sendiri.

Baca Juga: Mengintip Seluk Beluk Perceraian Sang Miliarder Dunia, Benarkah Ini yang Bikin Bill Gates Digugat?

“Saya mulai membuat kode saat saya berusia lima atau enam tahun. Tapi, saya baru serius tentang itu pada usia sepuluh atau dua belas tahun. Saya mulai menulis berbagai jenis permainan. Saya memiliki komputer Windows 95 lama dan buku tentang pemrograman dalam C ++ dengan Allegro <...>. Di situlah semuanya dimulai," kata Buterin dalam sebuah wawancara dengan Xakep.ru yang dikutip dari Russia Beyond di Jakarta, Senin (24/5/21).

Di sekolah, Buterin selalu berusaha mendapatkan nilai A. Dia ingat pernah terobsesi dengan belajar. Bahkan, banyak orang yang membicarakannya sebagai jenius matematika.

“Ada begitu banyak momen ketika saya menyadari, seperti, oke, mengapa saya tidak bisa menjadi seperti orang normal dan mendapatkan rata-rata 75% seperti orang lain," kata Buterin dalam percakapan dengan Wired Magazine.

Pada tahun 2011, Vitalik mengetahui tentang Bitcoin dari ayahnya, Dmitry, seorang ilmuwan komputer. Saat itu, Vitalik sudah mengikuti lebih dari satu Olimpiade Informatika Internasional, bahkan meraih juara keempat di salah satunya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini