Israel Gencatan Senjata, Pejuang Hamas Lakukan Pawai Keliling Kota

Israel Gencatan Senjata, Pejuang Hamas Lakukan Pawai Keliling Kota Kredit Foto: Flash90/Abed Rahim Khatib

Ratusan pejuang Hamas menggelar pawai dengan mengacungkan-ngacungkan senapan serbu akhir pekan lalu. Kegiatan unjuk kekuatan itu dilakukan sehari setelah gencatan senjata di Jalur Gaza diterapkan. 

Dalam aksinya mereka melewati tenda duka Bassem Issa, seorang komandan senior Hamas yang tewas akibat serangan Israel. Pemimpin tertinggi Hamas di Gaza, Yehiyeh Sinwar, juga memberi penghormatan. Itu merupakan penampilan publik perdananya sejak pertempuran selama 11 hari dengan Israel. 

Baca Juga: Alasan di Balik Hamas dan Rakyat Gaza Wajib Berterima Kasih pada Iran

Israel diketahui mengebom rumah Sinwar dan tokoh-tokoh senior Hamas lainnya. Kediaman mereka termasuk dalam ketegori target militer. Di Kota Gaza, warga mulai menaksir kerugian dan kerusakan.

Salah satu area komersial tersibuk di Gaza, yakni Jalan Omar al-Mukhtar, dipenuhi puing-puing bangunan dan mobil-mobil yang hancur.

"Kami benar-benar tidak mengharapkan kerusakan sebesar ini," ujar Ashour Subeih, dilaporkan laman Ahramonline, Minggu (24/5/2021). 

Dia berpikir serangan Israel tak akan menghantam daerah itu. "Tapi seperti yang Anda lihat, tidak ada area toko yang utuh," ujarnya. 

Gencatan senjata Hamas-Israel diberlakukan pada Jumat (21/5/2021). Hal itu tercapai setelah pertempuran berlangsung selama 10 hari, yakni sejak 10 Mei. Baik Hamas dan Israel sama-sama mengklaim kemenangan. 

Selama pertempuran berlangsung setidaknya 279 warga Gaza, 65 di antaranya anak-anak, dilaporkan tewas. Sementara, Israel mencatatkan setidaknya 12 korban jiwa akibat serangan roket Hamas. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini