Akan Divaksin Covid-19? Ini yang Harus Disiapkan!

Akan Divaksin Covid-19? Ini yang Harus Disiapkan! Kredit Foto: Antara/Ahmad Subaidi

Distribusi vaksin Covid-19 di Indonesia sudah mulai memasuki tahap tiga. Jika Anda ingin melakukan vaksinasi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Bagi golongan lanjut usia (lansia), para spesialis merekomendasikan agar mereka mengontrol kesehatan lebih dulu untuk memastikan kondisi kesehatannya layak untuk menerima vaksin atau tidak. Jika ditemukan kontraindikasi atau riwayat kesehatan yang mencurigakan, sebaiknya pemberian vaksin ditunda hingga kondisinya memungkinkan untuk menerima vaksin.

Baca Juga: Hal-hal yang Harus Dipahami dari KIPI Vaksin Covid-19

"Untuk lansia sudah ada rambu-rambunya dari spesialis. Jadi harus diperiksa dulu dan diharapkan ada rekomendasi dari spesialis apakah bisa lanjut divaksin atau tidak," ungkap Ketua Komisi Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) DKI Jakarta Ellen Sianipar melalui video diskusi virtual, Selasa (25/5/2021).

Perlu diingat kondisi pasien harus dipastikan oleh dokter yang biasa menangani pasien, bukan hanya sekadar hasil tes laboratorium.

Kemudian, Pengamat Imunisasi Elizabeth Jane Soepardi menjelaskan secara garis besar ada hal-hal yang harus diperhatikan masyarakat umum sebelum melakukan vaksinasi, yaitu:

1. Jangan membuat diri sendiri stres

Menurut Elizabeth, banyak orang dewasa yang takut saat akan divaksin. Rasa takut tersebut menyebabkan kondisi seseorang menjadi stres. Padahal kondisi tersebut dapat membuat tekanan darah menjadi naik. Elizabeth merekomendasikan peserta vaksin datang bersama kawan agar tidak mengalami stres.

2. Tidur cukup sebelum divaksin

Sama seperti stres, kurang tidur juga dapat menyebabkan tekanan darah atau gula darah naik. Oleh karena itu, Elizabeth mengimbau masyarakat untuk memastikan tidur cukup sebelum melakukan vaksinasi.

3. Pastikan mengonsumsi nutrisi yang cukup

Konsumsi nutrisi tidak kalah penting untuk memastikan tubuh dalam kondisi stabil sehingga memenuhi kualifikasi untuk melakukan vaksinasi. Elizabeth meningatkan masyarakat untuk banyak mengonsumsi vitamin dan mineral sebelum divaksin.

Itu adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi.

Ellen juga mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan terhadap vaksin. KIPI yang terjadi tergolong hanya berjumlah kecil jika dibandingkan pendistribusian vaksin yang cukup besar.

"Saya sarankan masyarakat untuk tidak peru ragu untuk divaksin, karena efek dari Covid-19 ini sangat mengkhawatirkan," tutup Ellen.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini