Semua Orang Bisa Jadi Pengusaha, Chairul Tanjung Bagikan Kisahnya Jalani Bisnis Pertama Tanpa Modal

Semua Orang Bisa Jadi Pengusaha, Chairul Tanjung Bagikan Kisahnya Jalani Bisnis Pertama Tanpa Modal Kredit Foto: CT Corp

Pendiri Transcorp, Chairul Tanjung (CT) dalam acara di Institut Teknologi Bandung (ITB), CT memaparkan penjelasannya mengenai pengusaha di era digital dalam video YouTube yang bertajuk 'SG KU-4078 : Chairul Tanjung - CEO Transcorp'.

Menurut CT, menjadi pengusaha bisa dilahirkan dan bisa diciptakan. Apa perbedaannya? Pengusaha yang dilahirkan itu berarti ia lahir dari keluarga pengusaha, biasa melihat ayah atau ibunya bekerja sebagai pengusaha, diwariskan perusahaan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dear Pengusaha Pemula dan UMKM, Berikut Ini Manfaat Penggunaan Digital Marketing dalam Bisnis

Sementara pengusaha yang diciptakan itu berarti dia membentuk dirinya sendiri sebagai pengusaha, tanpa memiliki latar belakang keluarga yang pengusaha.

Hal itulah yang terjadi pada Chairul Tanjung. Saat ia berkuliah di Universitas Indonesia (UI), sang ibu menggadaikan kain halus untuk membiayai kuliah CT saat awal-awal semester sejumlah Rp75 ribu. Karena sang ibu sudah berkorban dengan menggadaikan kain halus tersebut, CT bersumpah dan berkomitemn pada dirinya sendiri untuk tidak meminta uang satu peser pun kepada orang tuanya. Karena kesulitan ekonomi itulah CT 'terpaksa' menjadi pengusaha.

Selain itu, menjadi pengusaha juga bisa dari hobi, latar belakang pendidikan dan pindah haluan dari latar belakang A menjadi pengusaha. Meski demikian, menurut CT semua orang bisa menjadi pengusaha, caranya hanya satu yakni bisa membaca peluang.

Kunci dasar seorang pengusaha adalah melihat peluang, membaca, kemudian menangkap peluang itu. Sementara itu, jika peluangnya tidak ada, maka ciptakan peluang. Meski demikian, menciptakan peluang prosesnya lebih panjang daripada melihat dan menangkap peluang.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini