Chairul Tanjung: Era Digital Bakal Hilangkan 5 Juta Pekerjaan

Chairul Tanjung: Era Digital Bakal Hilangkan 5 Juta Pekerjaan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Chairul Tanjung mengungkap bahwa perubahan dunia karena teknologi saat ini diawali dari revolusi 4.0, di mana semua hal tersambung melalui internet. Semual hal yang tadinya dilakukan oleh manusia, bisa dilakukan oleh autonomous robot. Bahkan, saat ini mobil sudah dicoba untuk tidak memakai sopir, perang juga sudah tidak pakai tentara tetapi pakai joy stick dan drone, dan lain sebagainya.

Hal tersebut diungkap pria yang biasa disapa CT ini dalam video YouTube bertajuk 'SG KU-4078 : Chairul Tanjung - CEO Transcorp'.

Segala sesuatu juga sudah disimpan dengan Big Data, kenapa? Karena generasi Y membagikan segala hal melalui sosial media. Jadi, tidak ada lagi rahasia, bahkan gaji yang didapatkan pun bisa ketahuan. Dan semua itu, tersimpan di komputasi awan.

Baca Juga: Semua Orang Bisa Jadi Pengusaha, Chairul Tanjung Bagikan Kisahnya Jalani Bisnis Pertama Tanpa Modal

Lebih lanjut, CT mengungkap perihal virtual reality sehingga suatu hari, manusia tidak perlu naik pesawat untuk ke luar negeri, cukup dengan virtual reality sudah 'terasa' di luar negeri. Era inilah yang dinamakan Internet of Things (IoT).

Karena itu, era IoT menjadi era disruptif. Teknologi semakin murah, dan manusia semakin mahal. Diperkirakan, 5 juta pekerjaan akan hilang tetapi juga akan ada banyak pekerjaan baru bermunculan.

Contohnya, jika ingin berjualan bisa langsung membuka toko online dan mendapatkan banyak pengikut yang bisa menjadi teman sekaligus customer. Dan data menjadi aset baru yang berharga. Karena itulah data akan menguasai dunia.

"Dalam era Internet of Things tidak ada lagi 'bagi kavling'," ujar Chairul Tanjung.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini