Menteri Luar Negeri Ajukan Surat Pengunduran Diri karena...

Menteri Luar Negeri Ajukan Surat Pengunduran Diri karena... Kredit Foto: Reuters/Melik Baghdasaryan

Menteri Luar Negeri (Menlu) Armenia Ara Ayvazyan dikabarkan telah mengajukan pengunduran diri pada Kamis (27/5/2021) waktu setempat. Hal itu dibenarkan oleh juru bicara kementerian luar negeri Armenia, Anna Nagdalyan.

Namun demikian, dia tidak merinci alasan pengunduran diri Menlu yang menjabat pada 18 November tahun lalu itu.

Baca Juga: Diduga Basmi Orang Armenia, Erdogan Tepis Tuduhan Amerika: Biden tak Berdasar

Seperti diketahui, hubungan antara dua bekas republik Soviet, Armenia dan Azerbaijan, telah tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Karabakh Atas, sebuah wilayah yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, dan tujuh wilayah yang berdekatan.

Tahun lalu, konflik meningkat lagi dan berlangsung enam pekan. Ketegangan berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia pada 10 November.

Selama waktu itu, Azerbaijan membebaskan beberapa kota strategis dan hampir 300 permukiman dan desanya dari hampir tiga dekade pendudukan Armenia. Gencatan senjata 10 November dipandang sebagai kemenangan Azerbaijan dan kekalahan Armenia.

Angkatan bersenjata Armenia mundur sejalan dengan kesepakatan. Sebuah pusat gabungan pasukan Turki-Rusia didirikan untuk memantau gencatan senjata. Pasukan penjaga perdamaian Rusia juga telah dikerahkan di wilayah tersebut.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini