Tiga Program Televisi Masih di bawah Standar Kualitas KPI, Ini Dia...

Tiga Program Televisi Masih di bawah Standar Kualitas KPI, Ini Dia... Kredit Foto: Unsplash/Juan Ordonez

Berdasarkan hasil survei Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mencatat ada tiga program acara televisi yang masih dibawah standar kualitas penilaian. Ketiga program acara tersebut meliputi infotainment, variety show dan sinetron. 

Survei tersebut dilakukan KPI bekerja sama dengan 13 perguruan tinggi di Indonesia termasuk Universitas Padjadjaran (Unpad) yang melibatkan 300 panel ahli dengan memberikan penilaian terhadap sampel program tersebut. 

"Beberapa tahun terakhir memang ada tiga kategori program sebenarnya yang mendapatkan penilaian di bawah standar KPI seperti infotainment, variety show dan sinetron. Selain itu ada beberapa program yang bagus dan itu kami berikan juga apresiasi," kata Komisioner Penyiaran Indonesia Pusat, M. Reza kepada wartawan di Bandung, Kamis (27/5/2021). Baca Juga: Catat Jadwal Tayang Film The Conjuring 3 di Indonesia, Siap-siap Gak Sabar!

Baca Juga: Film A Quiet Place Part II Bakal Tayang, Bagaimana Nasib Keluarga Abbot?

Ketiga program televisi tersebut akan dievaluasi berdasarkan data-data riset dan sanksi yang akan disampaikan setiap tahun. Selain itu, ada upaya pembinaan untuk meningkatkan kualitas program siaran tersebut. 

"Setiap tahun KPI melakukan evaluasi program siaran, riset  termasuk televisi berjaringan," ujarnya.

Adapun proses penilaian program acara tersebut KPI menerima program-program acara yang akan dinilai kemudian diserahkan ke panel ahli lalu dilakukan survei kepada masyarakat.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini