Keras Banget! Platform Streaming China Hapus Segmen BTS

Keras Banget! Platform Streaming China Hapus Segmen BTS Kredit Foto: Antara/REUTERS/Heo Ran/File Photo

Platform streaming China, termasuk iQiyi, Youku, dan Tencent, menghapus segmen BTS dalam acara Friends: The Reunion. BTS menjadi bintang tamu di acara tersebut.

Para member muncul di segmen wawancara khusus, di mana mereka berbicara tentang betapa berharganya sitkom terkenal itu. Dilansir Korea Boo pada Jumat (25/5/2021), Variety melaporkan bahwa platform streaming China menghapus segmen BTS sekitar enam menit selama acara spesial itu.

Baca Juga: XL Axiata Siapkan 50 BTS Perkuat Jaringan Kawasan Perguruan Tinggi Jatinangor

Namun, BTS bukan satu-satunya yang hilang dari siaran tersebut. Lady Gaga, Justin Bieber, serta adegan LBGTQ juga dipotong dari materi yang tayang di platform streaming China. Adegan pemeran utama Matt LeBlanc yang muncul dengan celana dalamnya juga dipotong di sana.

Penggemar BTS di China terkejut dan bingung karena tidak dapat menonton bagian spesial idolanya. Beberapa orang menduga, pengecualian itu karena masalah BTS sebelumnya terkait dengan penghargaan Van Fleet.

Saat pidato penerimaan, leader BTS, RM, berterima kasih kepada tentara Korea yang mengorbankan hidupnya selama perang Korea. Warganet China kesal karena RM tidak menyebutkan tentara China yang juga tewas dalam perang itu.

Di lain sisi, warganet berspekulasi lebih lanjut bahwa porsi Lady Gaga dipotong karena pertemuannya dengan Dalai Lama, ikon kemerdekaan Tibet. Masih berdasarkan pendapat warganet, wawancara Justin Bieber dipotong karena kunjungannya ke Kuil Yasukuni Tokyo pada 2014, lokasi tentara Jepang yang tewas dalam Perang Dunia II.

Friends adalah sitkom yang tayang selama 10 tahun, yaitu mulai 1994 hingga 2004. RM BTS dikenal sebagai penggemar berat acara tersebut dan mengaku belajar bahasa Inggris dari menonton Friends.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini