Gerindra dan PDIP Pasangan Potensial, Bukan Prabowo-Puan Tapi Ganjar-Sandi?

Gerindra dan PDIP Pasangan Potensial, Bukan Prabowo-Puan Tapi Ganjar-Sandi? Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra secara terang-terangan mengungkapkan keinginannya untuk berkoalisi pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2024 nanti. Kendati demikian, keduanya masih belum mengusungkan nama calon presiden (capres) dari masing-masing partai. 

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai, koalisi kedua partai tersebut cukup potensial. Mengingat, kedua partai tersebut memiliki ideologi yang sama.

"Kaolisi berbasiskan platform ideologis partai yang sama, chemestry partai juga sama saya perhatikan," kata Pangi, Sabtu (29/5).

Baca Juga: Reuni PDIP-Gerindra Kian Santer, Puan Gantikan Megawati

Baca Juga: Wacana Koalisi Prabowo-Puan Mencuat, PDIP-Gerindra Jateng Bersua

Jika Gerindra kembali mengusung Prabowo dan PDIP mengusung Puan Maharani, menurut Pangi, keduanya memiliki kans yang sama. "Intinya nanti bisa dilihat trend nanti racikan elektoralnya apakah positif atau bagaimana," kata dia.

Bisa saja, tambahnya, PDIP akan berputar balik pada detik-detik terakhir dengan mengusung Ganjar dan Gerindra mengusung Sandiaga Uno atau Erick Tohir.

"Sekarang kan belum putus dan belum ada sikap resmi partai, karena masih jauh juga bandungnya apakah akan parkir Ganjar atau pada akhirnya PDIP ditaklukkan realitas politik, Puan mundur karena elektabilitasnya yang masih rendah, sama halnya dulu ketika Megawati mundur karena realitas politik Jokowi yang elektabilitasnya tak terbendung dan punya kans lebih besar untuk menang," kata Pangi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini