Partai Gelora Lebih Siap Hadapi Agenda Politik 2024 daripada Partai Ummat, Kenapa?

Partai Gelora Lebih Siap Hadapi Agenda Politik 2024 daripada Partai Ummat, Kenapa? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) lebih siap menghadapi agenda politik 2024, baik di kancah Pileg daerah maupun Pilkada, daripada Partai Ummat. Juga dari segi kepengurusan hingga mesin politik.

Hal itu disampaikan Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, kepada Rakyat Merdeka, menanggapi fenomena munculnya partai-partai baru. Dia menyebut, fenomena ini adalah bagian dari dinamika politik. Ini lumrah terjadi di negara yang menganut demokrasi.

Baca Juga: Ambisi Partai Surya Paloh: Juarai Pemilu 2024!

Sepanjang 2021, sebut Arya, di Indonesia sudah muncul dua partai politik yang cukup mendapat sorotan publik. Yakni, Partai Gelora dan Partai Ummat. Keduanya sama-sama didirikan pentolan partai yang sudah lebih dulu muncul di Indonesia.

Sekalipun begitu, Arya menilai, Partai Gelora lebih siap menghadapi agenda kepemiluan 2024 dibandingkan Partai Ummat. Dua faktor utama yang memengaruhinya adalah sisi kepengurusan partai dan mesin politik.

Dari sisi kepengurusan partai, mantan peneliti Charta Politika ini menyebut, Partai Gelora banyak diisi tokoh yang saat ini populer di mata publik. Misalnya, Fahri Hamzah dan Anis Matta. Sedangkan, Partai Ummat hanya mengandalkan satu tokoh yakni Amien Rais.

Selain itu, sambung Arya, Partai Gelora juga lebih siap dalam hal kepengurusan hingga tingkat daerah dibanding Partai Ummat. Hal ini disebabkan partai berlogo gelombang laut ini lebih dulu muncul.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini