Sempat Krisis Vaksin Covid-19, India Segera Miliki 120 Juta Dosis

Sempat Krisis Vaksin Covid-19, India Segera Miliki 120 Juta Dosis Kredit Foto: Antara/REUTERS/Danish Siddiqui

India akan memiliki hampir 120 juta dosis vaksin COVID-19 yang tersedia untuk penggunaan rumah tangga pada bulan Juni, kata pemerintah pada Minggu (30/5). Jumlah tersebut menandai lompatan signifikan dari 79,4 juta dosis yang tersedia di bulan Mei.

India telah menyuntikkan sekitar 212 juta dosis, terbanyak setelah China dan Amerika Serikat. Namun, baru memberi dua dosis yang diperlukan pada sekitar tiga persen dari 1,35 miliar penduduknya.

India melaporkan kenaikan angka harian terendah infeksi baru virus coronadalam 46 hari dengan mencatat 165.553 kasus selama 24 jam sebelumnya, sementara kematian bertambah 3.460 orang. Awal bulan ini, seorang penasihat pemerintah mengatakan lebih dari dua miliar dosis vaksin virus corona kemungkinan akan tersedia di India antara Agustus hingga Desember tahun ini, termasuk dari dua produsen dalam negeri.

Baca Juga: Astaga! Penularan Corona India Kini Dikalahkan Kasus-kasus Baru Malaysia karena...

Beberapa negara bagian India telah melaporkan kekurangan vaksin yang akut hingga memaksa banyak daerah, termasuk Ibu Kota New Delhi, untuk kembali memprioritaskan mereka yang berusia di atas 45 tahun sebagai penerima vaksin. Untuk Juni, sebanyak 60,9 juta dosis akan disediakan oleh pemerintah pusat bagi negara bagian untuk vaksinasi perawatan kesehatan dan pekerja garis depan dan mereka yang berusia di atas 45 tahun.

Sementara, 58,6 juta dosis akan tersedia untuk dibeli langsung oleh rumah sakit negara bagian dan swasta, menurut rilis itu.India baru-baru ini mulai meluncurkan penggunaan vaksin Sputnik V Rusia, bersama dengan vaksin AstraZeneca yang diproduksi secara lokal di Serum Institute of India (SII), dan Covaxin yang dibuat oleh perusahaan lokal Bharat Biotech.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini