Bos Intelijen Mesir Datangi Palestina, Tengok Situasi Terbaru di Gaza

Bos Intelijen Mesir Datangi Palestina, Tengok Situasi Terbaru di Gaza Kredit Foto: Instagram/Middle East Eye

Direktur Direktorat Intelijen Mesir Abbas Kamel mengunjungi Palestina pada Minggu (30/5/2021). Kunjungannya disebut hendak membahas gencatan senjata di Jalur Gaza.

"Abbas Kamel tiba hari ini di Palestina untuk berkonsultasi dengan kepemimpinan Palestina tentang perkembangan terbaru setelah agresi (Israel) baru-baru ini dan akibatnya," kata Menteri Urusan Sipil Palestina Hussein al-Sheikh lewat akun Twitter pribadinya, dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga: Angela Merkel Sepakati Perjanjian Ini dengan Presiden Mesir Al-Sisi

Menurut al-Sheikh, dalam kunjungannya Kamel pun akan membahas situasi di Yerusalem, dialog nasional Palestina, dan rekonstruksi Gaza. Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi telah menjanjikan dana bantuan sebesar 500 juta dolar AS untuk membantu upaya rekonstruksi Gaza.

Sementara itu, radio publik Israel melaporkan, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi tengah mengunjungi Kairo. Kementerian Luar Negeri Mesir telah mengonfirmasi kabar tersebut.

Pada 21 Mei lalu, Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata setelah terlibat pertempuran selama 11 hari yang dimulai sejak 10 Mei.  Mesir memainkan peran penting dalam proses mediasi.

Selama pertempuran berlangsung, setidaknya 279 warga Palestina, termasuk di dalamnya 69 anak-anak dan 40 wanita, tewas. Lebih dari 1.900 warga Gaza lainnya mengalami luka-luka. Sementara, serangan Hamas menewaskan setidaknya 12 warga Israel. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini