Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif, Kekuatan Masa Depan Indonesia

Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif,  Kekuatan Masa Depan Indonesia Kredit Foto: Kemenparekraf

Pemerintah berharap sektor usaha ekonomi kreatif segera bangkit pasca mengalami tekanan hebat akibat saat pandemi virus Covid-19.

Salah satu upaya pemulihan yang dilakukan pemerintah yakni melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Raffi Ahmad Promosikan Desa Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ekonomi kreatif diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan. Sandiaga mengatakan potensi ekonmi kreatif sebagai salah satu alternatif sumber ekonomi baru.

“Ekonomi kreatif juga terdampak pandemi Covid-19. Penurunan aktivitas usaha karena pembatasan aktiivtas masyrakat membuat kreativitas dan produktivitas pelaku ekonomi kreatif sempat terhenti untuk sementara waktu,” kata dia saat peluncuran AKI 2021 pada akhir pekan lalu.

Berdasarkan kebijkakan dan strategi penanganan pandemi Covid-19, pelaku ekonomi kreatif berhak mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.

“Melalui AKI 2021 diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mengangkat kembali potensi semangat dan pendapatan pelaku di industri kreatif,” paparnya.

Sandiaga menjelaskan bahwa Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran pada para pelaku ekonomi kreatif.

“Lewat AKI kami ingin menemukan sosok dan produk baru penggebrak ekonomi reaktif yang bisa menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia di mata dunia melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif berbagai subsektor,” tegasnya.

Mulai dari kuliner, griya, fashion, musik, film, aplikasi, animasi, dan permainan dengan sektor kriya, musik dan digital animasi sebagai industri prioritas. Program ini akan dilakukan di 9 Provinsi dan 20 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Diantaranya Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, hingga Balikpapan. 

Rangkaian kegiatan AKI 2021 dimulai dengan proses registrasi melaui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com. Dimana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Adapun bentuk acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 berupa inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang meliputi materi bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan.

Berikutnya pameran/showcase produk pelaku kreatif, creative talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, festival film, music live performance.

Acara puncak Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini