Gila, Dengar Baik-baik Pesan dari Pakar Kesehatan AS: Temukan Asal Covid-19 atau Hadapi Pandemi Lain

Gila, Dengar Baik-baik Pesan dari Pakar Kesehatan AS: Temukan Asal Covid-19 atau Hadapi Pandemi Lain Kredit Foto: AFP/Getty Image

Dua pakar penyakit Amerika Serikat (AS) terkemuka, pada Minggu (30/5/2021), mengatakan bahwa dunia membutuhkan kerja sama pemerintah China untuk melacak asal-usul Covid-19. Langkah ini, katanya, demi mencegah ancaman pandemi di masa yang mendatang.

Informasi untuk mendukung teori bahwa virus SARS-CoV-2 mungkin telah lolos dari laboratorium di Wuhan, China, telah meningkat, kata Scott Gottlieb, komisaris Food and Drug Administration di pemerintahan Trump yang sekarang duduk di dewan direksi Pfizer Inc.

Baca Juga: Asal-Usul Virus Corona Wuhan Kembangkan 2 Teori Teranyar, Simak Selengkapnya

"China belum memberikan bukti untuk menyangkal teori itu, sementara pencarian tanda-tanda bahwa virus muncul dari satwa liar belum membuahkan hasil," kata Gottlieb di CBS News "Face the Nation," dilansir Bloomberg, Senin (31/5/2021).

"Tidak tahu bagaimana pandemi dimulai menempatkan dunia pada risiko wabah di masa depan," kata Peter Hotez, direktur Pusat Pengembangan Vaksin Rumah Sakit Anak Texas, dalam tayangan TV terpisah.

"Akan ada Covid-26 dan Covid-32 kecuali kita sepenuhnya memahami asal-usul Covid-19," kata Hotez di acara "Meet the press" NBC.

Hampir satu setengah tahun setelah patogen baru pertama kali terdeteksi menyebar di pasar makanan laut di Wuhan, China, asal muasal virus tetap tidak jelas. Para ilmuwan berhipotesis bahwa kemungkinan besar virus itu menyebar dari hewan liar ke manusia.

Gagasan bahwa virus tersebut mungkin secara tidak sengaja melarikan diri dari laboratorium penelitian, yang telah lama dipromosikan oleh beberapa anggota Partai Republik, telah mendapat perhatian baru dari pemerintahan Biden.

Dalam pernyataan mengejutkan pada hari Rabu, Presiden Joe Biden menyerukan penyelidikan baru atas kemunculan virus tersebut. Badan intelijen AS memiliki penilaian yang bertentangan tentang apakah lebih mungkin virus melewati penghalang spesies dari reservoir alami atau bocor dari Institut Virologi Wuhan, kata Biden. Dia memerintahkan agensi untuk "melipatgandakan upaya mereka" dan melapor kepadanya lagi dalam 90 hari.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini