Putus Kuliah dari Harvard, Pendiri 'Amazon' Korea Ini Kekayaannya Meroket Berkali-Kali Lipat!

Putus Kuliah dari Harvard, Pendiri 'Amazon' Korea Ini Kekayaannya Meroket Berkali-Kali Lipat! Kredit Foto: KYLE GRILLOT/BLOOMBERG

Pendiri Coupang, Bom Kim merasakan kekayaannya meroket enam kali lipat menjadi USD6,4 miliar (Rp91 triliun) berkat kesukesan IPO di New York. Raksasa e-commerce buatannya disandingkan persis seperti Amazon versi Korea.

Debut Coupang di New York pun menjadikannnya perusahaan Asia terbesar sejak Alibaba yang juga go public di New York, mengumpulkan USD4,6 miliar (Rp65 triliun) dalam debutnya Maret.

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Rabu (2/6/21) Kim merupakan seorang yang putus kuliah dari bisnis Harvard. Namun, ia berhasil membawa Coupang menjadi perusahaan rintisan paling berharga di Korea Selatan dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD60 miliar (Rp855 triliun).

Baca Juga: Pewaris Samsung dan Hyundai Ketendang, Ini Orang Terkaya Baru di Korea Selatan!

Coupang didukung oleh Vision Fund Softbank, yang menggelontorkan USD2 miliar (Rp28 triliun) ke perusahaan pada tahun 2018. Amazon versi Korea ini telah berkembang di seluruh Korea Selatan untuk menyediakan pengiriman cepat, harga yang kompetitif, dan stok kebutuhan pokok rumah tangga yang cukup. Coupang saat ini hanya beroperasi di pasar Korea Selatan.

Hasil dari penawaran akan memberinya 'peti perang' untuk akuisisi potensial, menurut prospektusnya. Kim merupakan warga negara AS yang tinggal di Seoul. Ia memegang sebagian besar hak suara perusahaan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini