Akhirnya Datang Juga... WHO Terbitkan Izin Darurat Penggunaan 6 Vaksin Ini

Akhirnya Datang Juga... WHO Terbitkan Izin Darurat Penggunaan 6 Vaksin Ini Kredit Foto: Reuters/Diego Vara

Vaksin Covid Sinovac akhirnya resmi mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use listing (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Selasa (1/6/2021).

Dengan begitu, Sinovac resmi menjadi vaksin produksi China kedua yang telah mendapat restu WHO, setelah Sinopharm.

Baca Juga: WHO Setujui Vaksin COVID Buatan Sinovac

Total, ada 6 vaksin Covid yang telah resmi mendapat izin penggunaan darurat dari WHO. Yakni, Pfizer-BioNTech, Moderna, AstraZeneca, Johnson&Johnson, Sinopharm, dan Sinovac.

Berikut rincian informasi penerbitan EUL atas keenam vaksin tersebut:

1. Vaksin Pfizer-BioNtech

Vaksin bikinan Amerika Serikat ini memiliki bahan aktif berupa molekul mRNA, yang menghasilkan protein spike virus SARS-CoV-2.

Molekul mRNA bertugas memberi kode kepada sel manusia untuk memproduksi protein spike, yang dapat memicu kekebalan terhadap virus SARS-CoV-2.

Vaksin ini tersertifikasi EUL dari WHO pada 31 Desember 2020.

2. Vaksin AstraZeneca

Vaksin ini memiliki bahan aktif adenovirus dari simpanse (ChAdOx1), yang disisipi gen bagian protein spike dari virus SARS-CoV-2.

Vaksin buatan Inggris yang merupakan hasil duet perusahaan farmasi AstraZeneca dan Universitas Oxford ini mendapatkan izin penggunaan darurat dari WHO, pada 15 Februari 2021.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini