Ganjar Puji Kerja Nyata Putra Jokowi: Bisa Jadi Role Model Gaya Kepemimpinan

Ganjar Puji Kerja Nyata Putra Jokowi: Bisa Jadi Role Model Gaya Kepemimpinan Kredit Foto: Antara/Mohammad Ayudha

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memuji kerja nyata Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Putra presiden Jokowi ini dinilai, dapat dijadikan sebagai role model kepemimpinan. 

Pujian itu disampaikan Ganjar dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Selasa (1/6/).  

Baca Juga: Pendukung Ganjar Tiba-tiba Deklarasi Capres for 2024, Makin Tak Enak Hati Sama Puan

“Mas Gibran bisa dijadikan role model kepemimpinan kaum muda. Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk terus membumikan Pancasila dengan mengamalkan sila-sila dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ganjar dikutip Antara.

Untuk bisa membumikan Pancasila di tengah perubahan menurut dia, dibutuhkan lebih banyak agen untuk mengkampanyekan contoh-contoh yang konkret sehingga Pancasila makin membumi.

“Bagaimana toleransi, bagaimana menghadapi teknologi ke depan, tantangan bangsa ke depan dan representasi dari yang muda-muda, seperti mas Gibran (Wali Kota Surakarta), bisa dijadikan sebagai role model kepemimpinan dalam aksi nyata," katanya.

Menurut dia, sejauh ini Pancasila sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kaitannya dengan penanganan pandemi Covid-19 di kalangan masyarakat.

"Implementasinya di Jawa Tengah, bicara pandemi ada program jogo tonggo itu sudah pancasilais banget. Saling tolong antar tetangga. Sekarang orang ada kecelakaan nggak perlu ditanya agamanya apa, suku mana, kelompok apa, partai mana, kan nggak pernah ditanya, ditolong saja karena ada kemanusiaan yang adil dan beradab di sana," katanya.

Politisi senior PDI Perjuangan ini meminta masyarakat untuk tidak segan membagikan berbagai narasi positif sehingga bisa memotivasi orang lain untuk mau melakukan kebaikan serupa. "Sekarang teknologi sudah digital, kalau ada narasi yang positif diupload dong, termasuk prestasi-prestasinya," katanya. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini