Kisah Perusahaan Raksasa: Pacific Insurance, Asuransi Besar dari China yang Raup Laba Fantastis

Kisah Perusahaan Raksasa: Pacific Insurance, Asuransi Besar dari China yang Raup Laba Fantastis Kredit Foto: Imaginechina

China Pacific Insurance (Group) Corporation Limited (CPIC) atau mudahnya dikenal sebagai Pacific Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka asal China. Statusnya kini menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia berdasar pada Fortune Global 500.

Pacific Insurance berdiri pada tahun 1991 atau sejak pembentukan China Pacific Insurance Company. Berdasarkan tanggal berdirinya perusahaan asuransi yang berkantor pusat di Shanghai, adalah grup asuransi komprehensif A terkemuka, dan perusahaan asuransi pertama yang terdaftar di Shanghai, Hong Kong dan London.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Societe Generale, Perbankan Sepuh Prancis yang Usahanya Lagi Goyah

Kunci-kunci keuangan China Pacific di tahun 2020 agak lumayan. Perusahaan sukses mengantongi pendapatan 55,80 miliar dolar AS, dengan kenaikan 4,2 persen setahun. Sementara, keuntungannya naik hampir setengahnya dari tahun 2019 (2,72 miliar dolar AS) dan kini sebesar 4,01 miliar dolar AS.

Total asetnya tembus 219 miliar dolar AS. Sedangkan total ekuitasnya yakni mencapai angka 25,61 miliar dolar AS. 

Seperti apa kisahnya sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia? Berikut artikel ringkas dari Warta Ekonomi pada Rabu (2/6/2021) tentang Pacific Insurance sebagai berikut.

Pacific Insurance berfokus utama pada bisnis asuransi. Perusahaan berpegang pada keyakinan jangka panjang, memahami garis utama pengembangan berkualitas tinggi, dan mencapai pertumbuhan yang stabil dalam kinerja operasi. 

Perusahaan ini telah terpilih sebagai salah satu dari Fortune Global 500 selama 10 tahun berturut-turut, dan menempati peringkat ke-193; ia berada di peringkat ke-5 dalam "Top 100 Merek Asuransi Paling Berharga di Dunia" oleh Brand Finance. 

Pada tahun 2020, pendapatan operasional perusahaan adalah 422.182 miliar yuan, meningkat 9,5 persen tahun-ke-tahun; laba operasi grup adalah 31,140 miliar yuan, meningkat 11,7 persen tahun-ke-tahun; aset yang dikelola grup adalah 2.436,080 miliar yuan, meningkat 19,2 persen tahun-ke-tahun. Kemampuan operasional dan tingkat layanan perusahaan terus meningkat, menyediakan layanan "tanggung jawab, kebijaksanaan, dan suhu" kepada 147 juta pelanggan. 

Sementara itu, CPIC Property dan CPIC Life meraih penghargaan A-level tertinggi dalam evaluasi operasional badan hukum perusahaan asuransi selama lima tahun berturut-turut.

Pacific Insurance berkomitmen untuk melakukan segalanya dan terus meningkatkan kemampuan operasi bisnisnya.

Secara aktif mempromosikan operasi terintegrasi daring dan luring, memperkuat daya tarik kinerja tim pemasaran, secara komprehensif mempromosikan integrasi produk dan manajemen kesehatan, layanan pensiun, dan manajemen kekayaan untuk membantu pengembangan bisnis asuransi jiwa.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini