Keren! Anak Petani Ini Jadi Miliarder Pertama di Korea yang Berbisnis Energi Hijau

Keren! Anak Petani Ini Jadi Miliarder Pertama di Korea yang Berbisnis Energi Hijau Kredit Foto: Forbes/CS Wind

Pengusaha berbasis green energy alias energi hijau (ramah lingkungan) Gim Seong-gon, telah menjadi miliarder pertama di Korea Selatan dari bisnis energi hijau. Pria 67 tahun ini memulai debutnya setelah saham di CS Wind miliknya meroket lima kali lipast selama setahun terakhir.

Dikutip dari Forbes di Jakarta, Rabu (2/6/21) perusahaannya, CS Wind merupakan pembuat menara angin yang mengupayakan tenaga angin. Kenaikan saham CS Wind telah menjadikan Gim orang terkaya No. 44 di Korea Selatan dengan kekayaan bersih USD1,1 miliar (Rp15 triliun).

Baca Juga: Putus Kuliah dari Harvard, Pendiri 'Amazon' Korea Ini Kekayaannya Meroket Berkali-Kali Lipat!

Investor optimis pada CS Wind karena berfokus pada energi bersih, seperti tenaga angin yang memperoleh popularitas di seluruh dunia. Korea Selatan sendiri mengumumkan pada bulan Februari memiliki rencana USD43 miliar (Rp614 triliun) untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin terbesar di dunia pada tahun 2030.

Tahun lalu, CS Wind melihat penjualan menara angin mereka naik 21% menjadi USD821 juta (Rp11 triliun), berkat klien seperti General Electric dan Siemens.

Gim merupakan anak dari seorang petani yang memulai usahanya sebagai perantara bagi sebuah perusahaan konstruksi lokal. Dia kemudian mendirikan perusahaan konstruksinya sendiri sebelum memulai CS Wind pada tahun 1988. Dua puluh tahun kemudian, Goldman Sachs menginvestasikan USD40 juta (Rp571 miliar) di perusahaan tersebut sehingga memungkinkannya untuk berkembang.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini