Terkuak Jelas! Rupanya Bos NIH yang Bantah Isu Kebocoran Lab Wuhan, tapi Statusnya Konspirasi...

Terkuak Jelas! Rupanya Bos NIH yang Bantah Isu Kebocoran Lab Wuhan, tapi Statusnya Konspirasi... Kredit Foto: AFP/Getty Image

Sebuah laporan email yang baru-baru ini dirilis menunjukkan bahwa teori virus corona yang bocor dari laboratorium Wuhan, China diberhentikan dengan status "konspirasi" oleh Direktur Institut Kesehatan Nasional Dr. Francis Collins pada April tahun lalu. 

Email dari Collins kepada kepala penasihat medis Gedung Putih saat ini Anthony Fauci dan lainnya adalah bagian dari lebih dari 3.200 halaman email yang diperoleh Buzzfeed News dan diterbitkan Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Bekas Menterinya Trump Bicara Kebocoran Virus di Lab Wuhan dan Kegiatan Militer China

Pada 15 April 2020, pembawa berita Fox News Bret Baier melaporkan bahwa para pejabat AS semakin yakin bahwa virus itu bocor dari laboratorium.

“Kemungkinan berasal dari laboratorium Wuhan … bukan sebagai senjata biologis tetapi sebagai bagian dari upaya China untuk menunjukkan bahwa upayanya untuk mengidentifikasi dan memerangi virus adalah sama atau lebih besar dari kemampuan Amerika Serikat,” katanya, dilansir New York Post, Rabu (2/6/2021).

Baier membahas laporannya tentang "Hannity" edisi malam itu, dengan mengatakan bahwa para pejabat "100 persen yakin bahwa China mengubah data, statistik, mereka melakukan banyak hal untuk memuat informasi. Sementara itu, mereka mengurangi … perjalanan dari Wuhan secara internal, tetapi membiarkan penerbangan internasional berjalan, dan jelas ada bagaimana Anda memiliki penyebaran seperti ini.”

Hari berikutnya, 16 April, Collins meneruskan tautan ke tulisan Mediaite tentang penampilan Baier "Hannity" kepada Fauci, Wakil Direktur NIH Dr. Lawrence Tabak, Wakil Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Clifford Lane, dan juru bicara NIH John Burklow di bawah baris subjek "konspirasi mendapatkan momentum". Sisa pesan diedit.

Fauci mengirim balasan ke Collins pada pukul 2:45 pagi 17 April. Tanggapan itu juga disunting.

Hari berikutnya, 18 April, Fauci menerima email dari Peter Daszak, presiden nirlaba EcoHealth Alliance, berterima kasih kepadanya “karena secara terbuka berdiri dan menyatakan bahwa bukti ilmiah mendukung asal alami COVID-19 dari kelelawar ke manusia. spillover, bukan rilis lab dari Institut Virologi Wuhan.”

“Dari sudut pandang saya, komentar Anda berani, dan berasal dari suara tepercaya Anda, akan membantu menghilangkan mitos yang berputar di sekitar asal-usul virus,” tambah Daszak.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini