Ustaz Adi Hidayat Dituding Nilep Dana Palestina, Pakar Hukum: Polisi Harus Memproses

Ustaz Adi Hidayat Dituding Nilep Dana Palestina, Pakar Hukum: Polisi Harus Memproses Kredit Foto: Screenshot IG @adihidayatofficial

Pengamat Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menanggapi, terkait Ustaz Adi Hidayat (UAH) yang difitnah menilep dana untuk rakyat Palestina. Menurutnya, harus ada tindakan hukum bagi orang yang menuduh sembarangan.

"Polisi harus memproses ini dengan para saksi. Harus ada tindakan hukum bagi orang yang sembarangan menuduh," katanya dikutip dari Republika, Rabu (2/6).

Di samping itu, kata dia, kepolisian juga harus mengawasi masyarakat dalam melakukan media sosial.

"Ya seperti menertibkan pemungut sumbangan yang tidak jelas," ujarnya.

Sebelumnya diketahui, Ustaz Adi Hidayat (UAH) siap melaporkan pihak yang membuat fitnah kepadanya terkait aksi penggalangan dana untuk Palestina.

UAH belum lama ini, mampu menghimpun dana sebesar Rp30,88 miliar dari masyarakat. Sebesar Rp 14,3 disalurkan lewat Majelis Ulama Indonesia (MUI), diserahkan langsung ke Dubes Palestina di Indonesia Zuhair Al-Shun, dan sisanya disalurkan untuk mendukung sarana pendidikan di Palestina.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini