Apa Itu Uang Giral?

Apa Itu Uang Giral? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Uang giral adalah uang yang dikeluarkan oleh bank umum berupa surat-surat berharga yang dapat digunakan pada transaksi jual beli. Uang giral berbeda dengan uang kartal yang terdiri dari uang kertas dan uang logam. Hal ini karena uang giral adalah surat berharga seperti cek, giro, kartu ATM, bilyet dan uang elektronik.

Di negara-negara yang telah maju perekonomiannya, banyak yang menggunakan uang giral sebagai alat pembayaran. Selain karena lebih praktis, uang giral juga lebih aman dibanding uang kartal.

Baca Juga: Apa Itu Uang Kartal?

Uang giral biasanya digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran barang atau jasa dengan nominal yang besar. Meski nominalnya besar, karena menggunakan uang giral, maka tidak susah payah karena jumlahnya yang besar dibawa dengan uang giral yang cukup membawanya dengan selembar surat berharga.

Uang giral juga bisa diartikan sebagai uang yang Anda simpan pada rekening koran di Bank Umum yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi atau pembayaran yang sah dengan menggunakan perantara.

Jenis-jenis Uang Giral

1. Cek

Cek adalah surat berharga yang berisi nominal sejumlah uang dengan perintah dan kehendak dari pemilik rekening kepada Bank dengan tujuan untuk melakukan transaksi atau pembayaran.

2. Giro

Giro adalah simpanan di Bank yang penarikannya bisa dilakukan kapan saja dengan menggunakan cek atau surat berharga lainnya atau pemindah bukuan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini