Pantau Perkembangan Pria Terinfeksi Flu Burung, China: Baik, Dia Siap untuk...

Pantau Perkembangan Pria Terinfeksi Flu Burung, China: Baik, Dia Siap untuk... Kredit Foto: Adobe Stock

China mengumumkan kasus pertama infeksi flu burung H10N3 pada manusia di wilayah Jiangsu.

"Strain H10N3 terdeteksi pada pria berusia 41 tahun," ungkap Komisi Kesehatan Nasional (NHC) pada Selasa.

Baca Juga: Alert! Seorang Pria China Jadi Manusia Pertama Terinfeksi Flu Burung H10N3

Pasien itu dirawat di rumah sakit sejak 28 April karena demam dan gejala lainnya. Setelah tes komprehensif, pada 28 Mei, pria tersebut dinyatakan terpapar virus H10N3, yang sebelumnya tidak pernah menginfeksi manusia.

Meski tidak dijelaskan bagaimana dia terinfeksi, NHC mengatakan kondisi pasien cukup baik dan dia siap untuk dipulangkan.

"Orang-orang yang sempat melakukan kontak dengannya terus kami pantau, sejauh ini tidak ada yang terinfeksi virus," tambah komisi itu.

Menurut NHC, strain H10N3 tidak terlalu menular di antara unggas. Penularan antarspesies juga jarang terjadi. Selain itu, risiko penularan virus pada umumnya rendah.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini