Sudah Belasan Pesawat China Mondar-mandir di Langit Sengketa, Apa yang Dilakukan Malaysia?

Sudah Belasan Pesawat China Mondar-mandir di Langit Sengketa, Apa yang Dilakukan Malaysia? Kredit Foto: Rawpixel/Flag Room

Malaysia mengatakan akan memanggil duta besar China setelah 16 pesawat militer China terbang di atas perairan yang disengketakan di negara bagian Sarawak.

Jet-jet tempur dikerahkan guna mencegat pesawat angkut pada Senin setelah mendeteksi aktivitas "mencurigakan" di atas Laut China Selatan.

Baca Juga: Langgar Wilayah Udara, Malaysia Langsung Datangkan Dubes China

Kementerian luar negeri Malaysia menggambarkan manuver itu sebagai "ancaman serius terhadap kedaulatan nasional".

Namun China mengatakan pesawatnya telah mematuhi hukum internasional.

Malaysia, Filipina, Brunei, Taiwan dan Vietnam menolak klaim China atas hampir seluruh Laut China Selatan.

Perselisihan ini menimbulkan kegaduhan selama beberapa dekade, namun ketegangan meningkat beberapa tahun terakhir.

Beijing terus mengeklaim wilayah yang dikenal sebagai "sembilan garis putus-putus" dan mendukung klaimnya dengan pembangunan pulau dan menggelar patroli, memperluas kehadiran militernya, sambil mempertahankan klaimnya secara damai.

Menurut angkatan udara Malaysia, pesawat China itu "terbang dalam formasi taktis" hingga ketinggian 8,2 kilometer dan berada dalam jarak 110 kilometer dari Sarawak, negara bagian Malaysia di Pulau Kalimantan.

Upaya menghubungi mereka tidak diindahkan, kata sebuah pernyataan.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini