Rasakan Lengan Nyeri Setelah Vaksinasi Covid-19? Coba Trik Ini...

Rasakan Lengan Nyeri Setelah Vaksinasi Covid-19? Coba Trik Ini... Kredit Foto: Antara/Adiwinata Solihin

Rasa nyeri atau sakit pada lengan merupakan salah satu gejala paling umum yang dikeluhkan seseorang setelah menjalani vaksinasi Covid-19. Bagi yang mengalami keluhan serupa, tips yang viral di TikTok mungkin bisa membantu.

Video dari akun @chellyfst tersebut memperlihatkan cara untuk meredakan rasa nyeri di lengan setelah vaksinasi Covid-19. Caranya, cukup memutarkan lengan seperti kincir angin atau seperti seorang perenang gaya punggung beberapa jam setelah menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Yang Diperkuat Vaksin Adalah Upaya Pencegahan Terpapar Covid-19 Terbaik

Menurut spesialis penyakit menular Dr Peter Chin Hong dari University of California di AS, metode ini cukup masuk akal untuk meredakan nyeri lengan pascavaksinasi. Dr Hong mengatakan efek ini berkaitan dengan aliran darah.

"(Gerakan tersebut) meningkatkan aliran darah ke lengan yang divaksinasi," ungkap Dr Hong, seperti dilansir The Sun.

Vaksin Covid-19 disuntikkan ke lengan bagian atas di mana terdapat otot. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya keluhan nyeri lengan pada orang yang sudah menerima vaksin.

Setidaknya, ada satu dari 10 orang yang mengalami keluhan nyeri di lengan, nyeri di area suntikan, bengkak, dan terkadang ruam setelah vaksinasi.

Dr Hong mengatakan keluhan ini muncul akibat respons tubuh yang mengenali adanya sesuatu yang asing yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi, kemunculan reaksi seperti ini justru merupakan sesuatu hal yang baik, menurut Dr Hong.

Alasannya, keluhan tersebut terjadi karena adanya inflamasi yang berlangsung di area otot. Inflamasi menunjukkan bahwa vaksin sedang bekerja untuk memicu sistem imun. Inflamasi itu sendiri terjadi karena otot lengan secara perlahan melepas vaksin ke sel-sel imun, yang setelahnya memicu peradangan. 

Dr Hong mengatakan memutar lengan seperti kincir angin dapat membantu meredakan nyeri. Akan tetapi, jangan langsung melakukan gerakan ini sesaat setelah menerima vaksin. Alasannya, suntikan vaksin juga membutuhkan waktu untuk bekerja terlebih dahulu.

Perlu diketahui juga, saat lengan disuntik dengan jarum, akan terbentuk sebuah luka yang sangat kecil. Luka ini juga yang mungkin memicu timbulnya rasa sakit.

Penting juga untuk menjaga aliran darah tetap lancar ke area ini. Oleh karena itu, Dr Hong mengimbau agar orang yang sudah divaksinasi tetap menggerakkan lengan mereka meski terasa kurang nyaman. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini