Rajin Ingatkan Bangsa Soal Perkara Ini, Sang Putri Mahkota Puan Maharani Disanjung-sanjung

Rajin Ingatkan Bangsa Soal Perkara Ini, Sang Putri Mahkota Puan Maharani Disanjung-sanjung Kredit Foto: Instagram/Puan Maharani

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Varhan Abdul Aziz mendukung sikap Ketua DPR Puan Maharani yang kerap mengingatkan bangsa Indonesia untuk selalu berpegang dan menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Puan dinilai sebagai orang yang tepat untuk mengampanyekan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Hal tersebut tidak hanya karena posisi dan peran Puan sebagai Ketua DPR RI, melainkan juga karena kenyataan tak terbantah bahwa Puan adalah cucu biologis sekaligus cucu ideologis Bung Karno sebagai ‘Penggali Pancasila’," ujar Varhan dalam keterangannya, Kamis (3/6).

Baca Juga: Politikus PDIP Usul Puan Maharani-Anies Baswedan, Gerindra: Nggak Ada Pengaruh

Menurut Varhan, Pancasila itu laiknya memenuhi pesan agama. Lima sila Pancasila dimulai dengan dengan meninggikan peran Tuhan dalam kehidupan sebagai gantungan integritas diri.

"Jadi, Ibu Puan dengan tegas menekankan mustahil ada dikotomi antara jiwa seorang Pancasilais dan seorang religius. Menjadi Pancasilais itu sejatinya menjadi seorang saleh atau religius," tuturnya.

Justru, terasa ganjil ketika seseorang yang ingin menjadi seorang religius, malah mempertentangkannya dengan Pancasila. "Demikian pula sebaliknya, nyaris mustahil seorang Pancasilais bukan sekaligus seorang religius," imbuh Varhan.

Dia juga sepakat dengan pernyataan Puan, Indonesia akan menjadi negara besar dan disegani dunia internasional ketika seluruh warga negara menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

"Seseorang yang menghayati, mengamalkan seluruh sila yang ada dalam Pancasila, kehidupannya sudah pasti hanya akan dipenuhi energi positif yang juga memberikan dampak kebaikan bagi lingkungan," ucapnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini