Soal TWK Ditanya Pancasila atau Alquran, Jawaban Petinggi GP Ansor Lantang: Tentu Pilih...

Soal TWK Ditanya Pancasila atau Alquran, Jawaban Petinggi GP Ansor Lantang: Tentu Pilih... Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Ketua Pengurus Pusat (PP) GP Ansor Bidang Ekonomi, Sumantri Suwarno, ikut memberikan komentar terkait polemik sejumlah pertanyaan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada beberapa pertanyaan yang menjadi sorotan antara lain soal lebih pilih Pancasila atau Alquran?

Terkait itu, ia pun mengatakan jika pertanyaan tersebut dari lembaga pemerintah maka jawabannya adalah Pancasila. Sebab, menurut dia, perihal agama adalah ranah privasi.

Baca Juga: UOB Hadirkan TMRW untuk Dukung Inklusi Keuangan di Era Ekonomi Digital

"Kalau di-test lembaga pemerintah, ditanya memilih Pancasila atau agama, tentu yang relevan adalah memilih Pancasila. Agama adalah ruang privat yang tidak bersifat opsional. Ketika seseorang beriman maka agama bukan opsi yang bisa digeser dengan pilihan lain," cuitnya dalam akun Twitter @mantriss seperti dilihat di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Lanjutnya, ia menilai tidak masuk akal jika dijawab Alquran karena pertanyaan itu untuk menguji peserta yang akan mengabdi kepada negara, bukan agama.

"Kalau jawabannya mengutamakan agama sebagai abdi negara. Agama yang mana, madzab yang mana? Bagaimana bisa bekerja sama dalam tim yang agamanya berbeda, atau melayani kepentingan publik yang beragam?" katanya lagi.

Baca Juga: Kisruh TWK di Tubuh KPK, Harun Masiku Makin Sulit Ditangkap

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini