Tanggapi Utang Garuda Membengkak Rp70 Triliun, Anggota DPR: Masalah Garuda Sudah Kronis

Tanggapi Utang Garuda Membengkak Rp70 Triliun, Anggota DPR: Masalah Garuda Sudah Kronis Kredit Foto: Antara/Ampelsa

Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty menilai berbagai masalah yang dihadapi Garuda Indonesia saat ini membutuhkan keputusan yang luar biasa dari direksi dan juga Kementerian BUMN untuk menyelamatkan maskapai penerbangan nasional tersebut.

"Ini terkait dengan problem puluhan tahun lamanya hingga sekarang. Tapi saya ingin tahu apa terobosan out of the box yang akan kita lakukan dengan Garuda ini," ujar Evita dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Legislator itu mengatakan bahwa sebenarnya masalah yang terjadi di tubuh Garuda saat ini merupakan masalah klasik yang tak pernah bisa diselesaikan sejak dulu.

"Karena hal tersebut harus cepat ditangani mengingat sebenarnya gap ini masalahnya itu masalah kronis dan turun temurun di Garuda ini. Kita perlu melakukan sesuatu yang luar biasa, suatu terobosan untuk memperbaiki Garuda ini."

Sebelumnya Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan permasalahan Garuda Indonesia di masa lalu terkait masalah sewa yang melebihi biaya (cost) produksi yang wajar dan memang jenis pesawatnya terlalu banyak. Sebagai contoh Garuda memiliki pesawat jenis Boeing 737, Boeing 777, Airbus A330, sampai dengan Bombardier sehingga efisiensinya menjadi bermasalah.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini