UOB Hadirkan TMRW untuk Dukung Inklusi Keuangan di Era Ekonomi Digital

UOB Hadirkan TMRW untuk Dukung Inklusi Keuangan di Era Ekonomi Digital Kredit Foto: Bank UOB Indonesia

Kehadiran pandemi Covid-19 makin mendukung percepatan digitalisasi di berbagai aspek kehidupan. Pasalnya, pandemi membuat manusia harus menjaga jarak satu sama lain dan sebisa mungkin meminimalisiasi mobilitas. Oleh sebab itu, banyak aspek kehidupan yang berpaling memanfaatkan fitur digital sebagai solusi dari pembatasan jarak sosial.

Transformasi digital juga terlihat pada sektor ekonomi. Perkembangan ekonomi digital di Indonesia terlihat makin masif dengan ramainya berbagai penawaran layanan transaksi digital. Tidak terkecuali, layanan perbankan yang mulai berpaling ke ranah digital.

Baca Juga: Kan Maen... Ini Beneran Nabung di UOB Indonesia Dapat Mobil Listrik Tesla?

Konsep layanan perbankan digital bersifat komprehensif (end-to-end) sehingga dapat melayani segala proses dengan lebih efisien, mulai dari proses penerimaan nasabah baru, pembukaan rekening, kegiatan transaksi, promosi, hingga, penanganan keluhan nasabah.

Untuk mendukung perkembangan sektor ekonomi digital, Bank UOB Indonesia menghadirkan TMRW ("Tomorrow") sebagai layanan bank digital yang akan fokus melayani generasi digital Indonesia. Layanan ini juga merupakan bentuk kepedulian Bank UOB Indonesia untuk mendukung inklusi keuangan yang digagaskan oleh pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"TMWR hadir untuk memberikan akses perbankan kepada seluruh konsumen Indonesia tanpa membutuhkan kehadiran fisik sebuah kantor cabang. Makin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses perbankan, maka inklusi keuangan juga akan makin meningkat," ujar Digital Bank Head UOB Indonesia, Fajar Septandri Maharjaya, di Jakarta.

Dengan makin masifnya penggunaan layanan bank digital melalui ponsel oleh masyarakat Indonesia, UOB berharap permintaan layanan transaksi berbasis seluler akan terus tumbuh sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia serta mewujudkan cashless society.

Proses pembukaan rekening dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan proses yang mudah dipahami, aman, dan nyaman. Verifikasi identitas dilakukan melalui panggilan video dengan agen Bank UOB Indonesia dan pembukaan rekening dapat tuntas hanya dalam kurun waktu delapan menit.

Selain proses pembukaan rekening yang mudah, nasabah juga dapat berinteraksi dengan chatbot TMRW bernama TIA (TMRW Intelligence Assistant) selama 24 jam sehingga nasabah tidak perlu khawatir jika membutuhkan pelayanan dalam waktu cepat.

Segala kemudahan transaksi digital ini sangat cocok terutama untuk kalangan profesional muda dan keluarga muda. Pasalnya, segala bentuk layanan digital dapat dilakukan dengan efisien dan nyaman, sangat sesuai dengan gaya hidup kalangan tersebut.

Selain itu, untuk menciptakan transaksi yang aman, Bank UOB Indonesia telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) sejak 2017 untuk memanfaatkan database kependudukan sebagai bagian dari proses verifikasi nasabah. Kolaborasi ini memungkinkan proses onboarding nasabah TMRW menjadi lebih cepat dan mulus, tetapi tetap aman dan nyaman tanpa mengharuskan nasabah datang langsung ke kantor cabang UOB.

Pemanfaatan data Dukcapil ini akan membantu institusi jasa keuangan perbankan menjalankan bisnis dengan lebih efisien serta meminimalisasi potensi kejahatan perbankan sehingga proses know your customer (KYC) bank dapat berlangsung dengan baik.

"Kerja sama dengan Dukcapil dapat meningkatkan akurasi, efisiensi, serta keamanan verifikasi data nasabah. Ini akan menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem ekonomi digital Indonesia, terutama dalam meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan nasabah," tutup Fajar.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini