Ada Teman Harus Nunggu 31 Tahun, Khofifah: Sabar, Sabar

Ada Teman Harus Nunggu 31 Tahun, Khofifah: Sabar, Sabar Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta umat Islam tetap sabar dan tawakal atas keputusan pemerintah tidak memberangkatkan jamaah calon haji pada 2021.

"Dengan pembatalan ini, sesungguhnya Allah SWT menakdirkan tahun sekarang belum diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji," ujarnya ditemui di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis malam.

Haji, kata dia, sesungguhnya kewajiban bagi orang yang mampu. Pada posisi itu maka dengan adanya pandemi COVID-19 kehati-hatian untuk menjaga keselamatan nyawa, jiwa, dan kesehatan menjadi prioritas.

"Mohon bersabar dan mudah-mudahan COVID-19 segera hilang dan segera diberikan kesempatan Allah untuk kembali menunaikan ibadah haji," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Terkait dengan pembatalan ini, Khofifah menyadari akan memperpanjang daftar tunggu haji di Jatim. Ia telah dilakukan pengecekan bahwa daftar tunggu haji di Jatim sudah sampai 31 tahun.

"Tadi sore ini, saya minta seorang kawan untuk daftar haji, ternyata sudah 31 tahun daftar tunggunya. Persoalan yang paling mendasar adalah karena pandemi COVID-19 yang memang mengharuskan kita melindung nyawa dan jiwa, serta kesehatan masyarakat," tutur mantan Menteri Sosial tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI kembali memutuskan tidak memberangkatkan jamaah calon haji pada musim haji tahun ini.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini