Pileg Digelar Sekarang, Maka PDIP yang Jadi Juaranya

Pileg Digelar Sekarang, Maka PDIP yang Jadi Juaranya Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

PDI Perjuangan (PDIP) berhasil mencatatkan diri sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi, berdasarkan hasil survei Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA).

"Jika Pemilihan Legislatif dilakukan hari ini, PDIP berhasil mengungguli parpol lainnya dengan angka 18,91 persen. Di posisi kedua, ada Partai Demokat yang menunjukkan eskalasi keterpilihan di angka 13,22 persen," jelas Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA melalui siaran persnya, Kamis (3/6).

Baca Juga: PDIP Ambil Langkah Cabut Dukungan, Risma Hormati Keputusan Partai

Di belakang PDIP dan Demokrat, terdapat Partai Golkar dengan elektabilitas 11,65 persen dan Partai Kebangkitan Bangsa 11,20 persen.

Survei yang melakukan wawancara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan antara surveyor dan responden ini, mendepak Gerindra dan Nasdem dari 5 besar partai dengan elektabilitas tertinggi.

Sementara Gerindra meraup 10,36 persen,  Nasdem 6,43 persen. 

Penguatan elektabilitas PKS hingga 9,33 persen, membuat PAN dan PPP harus berada di posisi terakhir. Masing-masing dengan angka 3,35 dan 2,88 persen.

Di posisi terakhir ada Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 3,35 persen dan Partai Persatuan Pembanguan (PPP) sebesar 2,88 persen.

Namun masih terdapat 12,67 persen masyarakat yang belum menentukan sikap. "Ini bisa digarap oleh semua parpol, termasuk non DPR," pungkas Herry.

Survei CISA yang dimulai sejak tanggal 27 Mei - 1 Juni 2021 ini menyasar 1.600 responden di 34 provinsi secara proporsional, melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini