Ratu Elizabeth Bakal Temui Joe Biden, Apa Agendanya?

Ratu Elizabeth Bakal Temui Joe Biden, Apa Agendanya? Kredit Foto: Reuters

Ratu Elizabeth II diagendakan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Windsor Castle pada akhir KTT G7 yang dihelat 11-13 Juni mendatang. Biden akan menjadi presiden AS ke-13 yang bertemu dengan ratu berusia 95 tahun tersebut.

Buckingham Palace mengumumkan kabar mengenai pertemuan itu pada Kamis (3/6/2021). Namun pihak istana tak memberi keterangan lebih mendetail. Pertemuan Ratu Elizabeth dengan Biden akan menjadi agenda pertemuan besar perdana sejak kematian suaminya, Pangeran Philip.

Baca Juga: Biden ke Presiden Baru Israel: Atas Nama Rakyat Amerika, Saya...

KTT G7 akan digelar di Cornwall, Inggris pada 11-13 Juni. Partisipasi Biden bakal menandai kunjungan luar negeri perdananya sebagai presiden. Dari Inggris, Biden akan bertolak ke Brussels, Belgia. Dia diagendakan bertemu para pemimpin Uni Eropa dan menghadiri pertemuan puncak NATO.

Kunjungan perdana Biden ke luar negeri akan berakhir di Jenewa, Swiss. Dia diagendakan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebelumnya Biden mengatakan dia ingin mendiskusikan isu hak asasi manusia (HAM) dengan Putin.

"Saya bertemu dengan Presiden Putin dalam beberapa pekan di Jenewa untuk menjelaskan bahwa kami tidak akan, kami tidak akan diam dan membiarkan dia menyalahgunakan hak-hak itu,” kata Biden dalam pidatonya pada 30 Mei lalu.

Dalam keterangannya, Gedung Putih mengungkapkan Biden dan Putin akan membahas berbagi isu. Tujuannya adalah memulihkan stabilitas dalam hubungan Washington-Moskow.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini