Akhirnya! Prospek Fintech Jack Ma Mulai Cerah, China Diam-Diam Beri Langkah Besar!

Akhirnya! Prospek Fintech Jack Ma Mulai Cerah, China Diam-Diam Beri Langkah Besar! Kredit Foto: TechCrunch

Setelah sekian lama China menekan fintech milik Jack Ma, Ant Group, akhirnya mereka mulai mendapat pencerahan. Baru- baru ini China telah memberikan persetujuannya kepada Ant Group untuk mengoperasikan perusahaan pembiayaan konsumen. Ini menjadi langkah positif utama dalam restrukturisasi paksa bisnisnya.

Ant akan memegang 50% saham di entitas baru dan menyumbangkan 4 miliar yuan China (Rp8,9 triliun) dalam modal terdaftar. Hal tersebut disampaikan oleh Komisi Pengaturan Perbankan dan Asuransi China, sebagaimana dikutip dari CNBC International di Jakarta, Jumat (4/6/21).

Baca Juga: Lepas Gelar Universitas, Kampus Elite Jack Ma Ternyata Tak Pernah Terdaftar di Kemendikbud China!

Enam pemegang saham lainnya akan memberikan kontribusi 4 miliar yuan dan memegang 50% sisanya. Perusahaan akan terdaftar di kota barat daya Chongqing dengan total modal terdaftar 8 miliar yuan (Rp17,9 triliun).

Bisnis juga akan dapat memberikan pinjaman pribadi dan menerbitkan obligasi. Perusahaan pembiayaan konsumen juga akan menampung bisnis kredit Ant Huabei dan Jiebei. Ini sangat penting bagi perusahaan lantaran menjadi penggerak pendapatan yang sebelumnya besar.

Pada bulan November, Ant Group yang dikendalikan oleh miliarder Jack Ma, akan melakukan penawaran umum perdana senilai USD34,5 miliar (Rp494 triliun) di Shanghai dan Hong Kong. Tetapi pihak berwenang China mencabut daftar itu dua hari sebelum hari H dengan alasan masalah peraturan.

Bank Rakyat China memerintahkan Ant Group untuk membuat rencana perbaikan pada bulan Desember dan menyetujui serangkaian langkah pada bulan April. Salah satunya, termasuk Ant Group menjadi perusahaan induk keuangan, itu berarti perusahaan menjadi lebih diatur seperti bank.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini