Apa Itu Manajemen?

Apa Itu Manajemen? Kredit Foto: Freepik

Manajemen adalah proses mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok secara kooperatif dengan sumber daya yang tersedia.

Sementara ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan mengatur segala sesuatu demi tujuan dan kepentingan individu atau kelompok. Kegiatan administrasi tersebut termasuk menetapkan strategi organisasi dan mengoordinasikan upaya staf untuk mencapai tujuan ini melalui penerapan sumber daya yang tersedia. Manajemen juga dapat merujuk pada struktur senioritas anggota staf dalam suatu organisasi.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Produk?

Analis yang mempelajari manajemen telah mengidentifikasi beberapa gaya kepemimpinan yang efektif, berikut di antaranya:

1. Gaya manajemen persuasif

Seorang pemimpin yang menarik menghabiskan banyak waktu dengan anggota tim mereka. Terlibat dengan karyawan memungkinkan manajer persuasif untuk memimpin dengan memberi contoh, dan untuk mendapatkan dukungan serta kepatuhan dari tim dengan membujuk daripada menginstruksikan atau memerintah. Manajer tipe ini memiliki pengaruh pada pekerjaan yang dilakukan anggota tim mereka setiap hari dan terlibat dalam kehidupan kerja mereka.

2. Gaya manajemen demokratis

Manajer yang demokratis mengajak tim untuk terlibat langsung dalam pengambilan keputusan. Jalur komunikasi terbuka antara manajer dan karyawan yang demokratis memungkinkan tipe manajer ini memahami keterampilan dan keuntungan yang dibawa setiap karyawan. Partisipasi terbuka dan pertukaran ide di antara berbagai tingkat karyawan memungkinkan setiap orang untuk berkontribusi pada hasil keputusan atau proyek.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini