Elektabilitas PDIP Meroket, Jokowi yang Dongkrak

Elektabilitas PDIP Meroket, Jokowi yang Dongkrak Kredit Foto: Viva

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kembali berada pada posisi puncak dalam berbagai hasil survei. Kini, hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) memperlihatkan PDIP tetap sebagai partai papan atas yang memimpin klasemen dengan perolehan 22,1 persen.

Parameter Politik Indonesia melakukan survei dengan sampel sebanyak 1.200 responden pada 23-28 Mei 2021. Kemudian, metodenya simple random sampling dari 6.000 nomor handphone yang sudah dipilih secara acak, dan margin of error survei sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menjelaskan, ada beberapa faktor motivasi masyarakat memilih partai politik seperti faktor ketokohan, faktor citra dan emosional, keluarga, lingkungan dan party ID, faktor sosilogis serta faktor rasional.

Baca Juga: Kelakuannya Dibacain Pengamat: Mas Ganjar Pranowo Mulai Ngelawan Bu Megawati dan PDIP

"Faktor ketokohan masih mendominasi motif memilih partai (22,9 persen). Faktor citra dan emosional sebesar 18,2 persen; faktor keluarga, lingkungan dan party ID sebesar 14,2 persen; faktor sosiologis hanya 9,1 persen dan faktor rasional cuma 6,0 persen," kata Adi saat diskusi online, Sabtu, 5 Juni 2021.

Menurut dia, memori masyarakat Indonesia memang memilih partai politik tertentu terafiliasi kepada sosok figur kunci, untuk menentukan apakah partai politik akan dipilih atau tidak. Lantaran itu, publik menyebut tokohnya bagus itu sebesar 5,4 persen dalam survei ini.

"Tidak diherankan partai politik kita banyak tokoh-tokoh kunci yang dijadikan sebagai sandaran untuk melakukan peningkatan elektabilitas," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini