Gegara Kena Isu Alutsista, Elektabilitas Prabowo Merosot

Gegara Kena Isu Alutsista, Elektabilitas Prabowo Merosot Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih merajai Survei Capres 2024 versi Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dirilis pada Sabtu (5/6), dengan elektabilitas 18,3 persen. 

Melorot sedikit dibanding survei PPI pada Mei lalu, yang mencatat angka 22,1 persen.

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno menduga, turunnya elektabilitas Prabowo tidak terlepas dari isu belanja alat utama sistem pertahanan (alutsista), yang belakangan ini ramai dibicarakan.

"Mungkin karena isu itu," kata Adi Prayitno dalam keterangannya di acara Rilis Survei Nasional PPI yang bertajuk Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir, Sabtu (5/6).

Baca Juga: Elektabilitas PDIP Meroket, Jokowi yang Dongkrak

Dalam survei PPI yang dirilis hari ini, posisi Prabowo dibuntuti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, masing-masing dengan angka 16,5 dan 15,1 persen.

Pengambilan data dalam survei ini dilakukan pada 23-28 Mei 2021, dengan melibatkan 1.200 responden.

Survei ini menggunakan metode simple random sampling, dari 6.000 nomor HP yang sudah dipilih secara acak.

Survei dengan metode telepolling ini memiliki margin of error sebesar ± 2,9 persen, pada  tingkat kepercayaan 95 persen. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini