Jangan Remehkan! Puan Maharani Tuh Jagoan, PDIP: Mas Ganjar Itu Levelnya Cuma Jadi....

Jangan Remehkan! Puan Maharani Tuh Jagoan, PDIP: Mas Ganjar Itu Levelnya Cuma Jadi.... Kredit Foto: Istimewa

Tingginya elektabilitas yang dimiliki Ganjar Pranowo versi berbagai lembaga survei belum cukup ampuh meluluhkan hati sebagian kader PDIP. Bagi loyalis Puan Maharani di PDIP, Gubernur Jawa Tengah itu kelasnya masih menteri bukan calon presiden. Puan tetap menjadi jagoan PDIP di Pilpres 2024.

Serangan terhadap Ganjar dari rekannya sesama kader Banteng masih belum padam. Kali ini, sindiran terhadap Ganjar dilontarkan politisi senior PDIP, Effendi Simbolon. Dalam sebuah diskusi secara daring, Effendi tanpa ragu-ragu membandingkan Puan dengan Ganjar. Baca Juga: Terang Benderang! Pemecatan 75 Orang KPK Lewat TWK Hanya Demi Lindungi Harun Masiku!

Meskipun elektabilitas Puan masih berada di bawah Ganjar, namun putri Megawati Soekarnoputri itu berpeluang besar untuk diusung PDIP. Selain putri mahkota dan masih darah Soekarno, Puan punya segudang pengalaman untuk naik ke level presiden. Baca Juga: Jokowi 3 Periode, PDIP: Daripada Coba-Coba Presiden Baru, Mending Jokowi Saja!

Jabatan Puan saat ini sangat bergengsi, yakni sebagai Ketua DPR yang saat pemilu legislatif menjadi peraih suara terbanyak secara nasional. Selain itu, Puan juga cukup sukses saat menjadi Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Kerja, periode pertama Presiden Jokowi. 

“Realita di partai, saya melihat kemungkinan terbesar itu Mbak Puan, kalau Mas yang dari Jateng, saya kira paling ya sampai tingkat nanti jadi menteri lah gitu, ya,” kata Effendi menyindir Ganjar.

Soal elektabilitas Puan yang masih kecil, kata dia, bukan masalah. Itu nanti tugas kader untuk mendongkrak elektabilitas Puan di sisa waktu yang masih 3 tahun lagi. Apalagi di PDIP, elektabilitas bukan faktor utama dalam menentukan siapa capres atau cawapres yang akan diusung.

“Mbak Puan itu sosok paling mumpuni. Tinggal kerja kita di partai menggenjot elektabilitas Mbak Puan,” kata anggota Komisi I DPR itu.

Untuk diketahui, Ganjar masuk dalam 3 besar tokoh yang memiliki elektabilitas sebagai capres di Pilpres 2024. Dia bersaing dengan nama beken lain, yakni Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam riset terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Parameter Politik Indonesia (PPI), posisi Ganjar berada di urutan kedua, di bawah Prabowo. Elektabilitas Prabowo tembus di angka 22,3 persen, Ganjar 19,7 persen dan Anies 18,1 persen.

Bagaimana dengan Puan? Dalam survei tersebut, posisi Puan masih berada di level bawah. Namun dibanding Februari, pada survei kali ini, elektabilitas Puan naik dari 0,8 persen menjadi 1,7 persen.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Firman Nor menilai, omongan Effendi tidak bisa diabaikan begitu saja. Meskipun itu pendapat pribadi, Firman yakin, apa yang disampaikan Effendi merupakan pandangan mayoritas kader Banteng. Peluang Ganjar untuk mendapatkan tiket nyapres, akan semakin berat.

“Saya kira ini suara yang disampaikan oleh para orang yang ada di sekeliling Puan yang memang sangat berkepentingan untuk Pilpres 2024,” tukasnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kalau memang PDIP serius mau mengajukan Puan di Pilpres 2024, itu pilihan yang harus dihormati. Di sisa waktu yang ada, tentu ini menjadi pekerjaan bagi PDIP untuk meyakinkan publik atas pilihan yang sudah dibuatnya.

“Jangan terlalu diremehkan. Puan itu punya posisi strategis di partai dan nasional. Justru, Jokowi malah tidak dikenal banget,” pungkasnya. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini