Kapolri Siapkan Manajemen Kontijensi dalam Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Kapolri Siapkan Manajemen Kontijensi dalam Tekan Angka Covid-19 di Kudus Kredit Foto:

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan beberapa pihak terkait turun langsung dalam penanganan lonjakan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Sigit mengungkapkan, dalam penanganan lonjakan virus corona di Kudus, saat ini, setidaknya sudah disiapkan beberapa manajemen kontinjesi untuk menekan dan mencegah penyebaran virus corona di Kudus.

Salah satu manajemen kontinjensi adalah dengan menguatkan test Swab RT-PCR dan edukasi soal 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) serta 3T (testing, tracing dan treatment. Masyarakat yang hasil Swab Antigennya reaktif maka akan langsung dilakukan test RT-PCR.

"Yang selesai di tracing dan reaktif langsung di arahkan untuk tidak keluar rumah dan isolasi mandiri sampai dengan RT-PCR keluar," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (6/6/2021)

Nantinya, Sigit menekankan, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri bakal dilakukan pengawasan ketat oleh aparat TNI-Polri. Hal itu demi mencegah penyebaran virus corona ke warga lainnya.

"Diawasi petugas TNI-Polri di PPKM Mikro, ini untuk mencegah agar yang reaktif tidak menular ke masyarakat yang lain," ujar eks Kapolda Banten itu.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini